Pages

Sunday, March 27, 2011

Alat KB

Selamat pagi dok!
seminggu lg saya rencana menikah, untuk menunda terjadinya kehamilan saya mo kb,jika menggunakan pil KB,apakah baik untuk saya, & apa kekurangan serta kelebihannya
Terima kasih.

-Novi-Â

Jawaban : Â

Dalam tubuh wanita diproduksi hormon reproduksi estrogen, progesteron, dan androgen. Hormon androgen (testosteron) yang umum disebut hormon reproduksi pria dibutuhkan oleh wanita dalam jumlah sangat sedikit (± 0,5 mg / liter darah) untuk daya tahan tubuh dan gairah seksual (libido).

Wanita usia reproduktif (± 15 - 40 tahun) sering mengalami ketidakseimbangan hormonal dimana produksi hormon androgennya akan meningkat sehingga terjadi hiper-androgen yang bisa menyebabkan:

* Masalah pada kulit dan rambut: kulit berminyak, komedo, jerawat, ketombe (yang bisa menyebabkan kebotakan) atau hirsutisme (pola tumbuh rambut pada yang wanita yang menyerupai pria / male hair pattern)
* Masalah ginekologis: gangguan siklus haid, PCOS (poly-cystic-ovarian-syndrome) yang bisa menyebabkan sulit punya anak, kegemukan (obesitas) dan abnormalitas metabolisme tubuh.

OC istimewa mengandung CPA (Siproteron Asetat), zat anti-androgen paling efektif saat ini yang bekerja khusus mengatasi masalah hiper-androgen dengan menekan produksi androgen (dalam tubuh) dan minyak (di bawah permukaan kulit) sehingga mencegah timbulnya komedo dan ketombe bahkan jerawat.

Berbeda dengan obat-obatan topikal dan antibiotik yang membunuh bakteri dan mengobati infeksi di permukaan kulit, CPA langsung bekerja pada akar masalah yaitu dengan mencegah produksi minyak yang berlebihan. Tetapi karena obat ini bekerja step-by-step dari dalam tubuh untuk menormalkan kadar hormon androgen, perbaikan pada kulit wajah baru bisa dilihat setelah 1-3 bulan pemakaian.
Manfaat pencegahan, yaitu OC mengurangi resiko terkena:
# Infeksi pada organ reproduksi internal, s/d 50%
# Kanker ovarium dan endometrium, s/d 40%
# Benjolan jinak payudara, s/d 40%
# Kista ovarium, s/d 80%
# Infertilitas primer, s/d 40%
# Kehamilan ektopik (di luar kandungan), s/d 90%
CARA MINUM OC

OC harus diminum tiap hari dengan cara mengikuti petunjuk nama hari yang tertera di blisternya. Untuk memulai blister pertama Anda, mulailah minum pil pada hari pertama haid, misalnya: Anda mendapat haid pada hari Rabu maka ambil pil yang dibawahnya ada tanda Rabu. Lanjutkan minum pil setiap hari sampai habis (21 hari) yang pasti jatuh pada hari Selasa. Kemudian berhenti minum pil selama 7 hari (akan terjadi menstruasi). Setelah 7 hari bebas pil ini, lanjutkan minum pil dari kemasan yang baru pada hari Rabu lagi, jadi untuk blister ke-2 dst, selalu ikuti siklus 21 hari minum pil +7 hari bebas tablet.

- Dr. Fatimah Pitaloka-

2 comments:

Unknown said...

Assalamualaikum
Numpang tanya Dok...
Bln 8 tgl 10 saya suntik kb yg 3bln
Trus d bln 8 akhir saya brngkt kerj...
Llu saya cek...hsilny negatif
D bln 9-10 haid saya tdk teratur dan tdk sprti biasanya
Nmun..dbln 11-12 dan dbln 1
Saya tdk mndpt haid
Ap it msih dlm pngruh kb..???
Trima kasih sblmny...

Jovita Elvira said...

Selamat malm dok saya mau tnya saya mulai menggunakan PiL KB kemarin dan saya belum jelas untuk aturan pakainya jika habis 1 bulan apakah langsung meminumnya kembali atau berhenti dulu selama 1 minggu?