Tuesday, November 11, 2014

Mencegah Rambut Beruban di Usia Muda

Salam sehat Dokter. Usia saya baru 21 tahun, tapi kenapa rambut saya sudah beruban ya? Saya sudah coba pakai shampo, pakai minyak rambut tapi rambut saya malah kering gatal-gatal dan timbul ubannya. Obat apa Dok untuk mencegah uban? Atau apakah justru sampo yang bikin kusam? Mohon jawabannya ya Dok. Terimakasih.

Hari Suharto (Pria lajang, 21 tahun)
Tinggi 167 cm, berat 56 kg

Jawaban

Salam Hari,

Uban terjadi akibat rambut berhenti menghasilkan pigmen yang memberikan warna pada rambut. Folikel rambut mengandung sel pigmen yang memproduksi melanin. Ketika melanin berhenti diproduksi, rambut akan kehilangan warnanya.

Sampai saat ini penyebab uban pada usia muda belum diketahui secara pasti. Faktor genetik dianggap sebagai faktor tersering terjadinya uban pada usia muda. Seseorang yang memiliki orang tua atau kakek nenek yang mulai beruban di usia muda, kemungkinan akan mulai beruban lebih dini. Ras dan etnik juga memegang peranan. Umumnya orang Asia mulai beruban di usia akhir 30-an, dan seseorang dikatakan beruban pada usia muda, jika terjadi sebelum usia 25 tahun.

Faktor lainnya yeng berperan adalah merokok dan stres. Kekurangan nutrisi yang dapat mempengaruhi produksi melanin, misalnya protein, vitamin B12, zat besi, dan tembaga dapat menjadi penyebab uban pada usia muda. Begitupun gangguan saluran cerna yang dapat menghambat penyerapan nutrisi. Anemia, penyakit kelenjar tiroid, kurangnya kadar hormon adrenokortikotopik, alfa MSH dan beta endorfin dapat berperan dalam terjadinya uban pada usia muda. Beberapa obat oral misalnya klorokuin, dan obat oles misalnya resorsin diduga dapat menjadi pencetus uban pada usia muda.

 Sejauh ini memang belum ada pengobatan yang cukup memuaskan untuk mengobati uban pada usia muda. Namun penggunaan cat rambut dapat menjadi pertimbangan untuk menutupi rambut beruban.

Pada umumnya rambut uban memiliki sifat lebih kering dan kasar. Pada saat keramas gunakan sampo yang lembut, dan bila perlu gunakan kondisioner. Keramaslah dengan frekuensi sesuai kebutuhan. Pada rambut kering keramas setiap hari dapat menyebabkan rambut semakin kering dan kusam, bahkan dapat terjadi iritasi kulit kepala yang menyebabkan gatal. Gunakan air biasa yang tidak terlalu panas untuk keramas dan membilas rambut. Hindari pemakaian produk- produk kimiawi berlebih dan penggunaan perawatan rambut dengan suhu panas.

Untuk pemeriksaan lebih lanjut silakan datang ke dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat.

dr. Nindita Hapsari Susanti, Sp.KK


No comments: