Pages

Sunday, March 1, 2015

Vitamin E Bisa Berefek Peningkatan Berat Badan?

Halo Dok, saya mau tanya. Saya dalam 1 bulan naik berat badan 18 kg akibat konsumsi produk vitamin E untuk kulit. Saya berusaha diet namun dalam 3 minggu berat saya belum ada yang turun 1 kg pun. Bagaimana cara untuk menguruskannya Dok? Padahal saya rajin berolahraga pagi dan sore. Terimakasih.

Marcel Tunru (Pria lajang, 18 tahun)
marceltunruXXXXXX@gmail.com
Tinggi badan 156 cm, berat badan 62 kg

Jawaban

Halo Marcel,

Saya terus terang tidak yakin dengan kesimpulan yang Anda buat, karena vitamin E tidak akan meningkatkan nafsu makan dan juga ia bersifat lipofilik yang artinya ia terikat dengan lemak bukan dengan air sebagaimana dengan penggunaan steroid.

Apakah ada penggunaan obat-obat lainnya? Coba juga perhatikan apakah ada pembengkakan pada tungkai bawah yang mungkin saja menandakan retensi cairan di dalam tubuh akibat gangguan ginjal dan hal itu dapat diketahui dengan cara menekankan ibu jari di atas tulang kering dan menimbulkan cekungan.

Periksa ke dokter terdekat agar dilakukan pemeriksaan laboratorium darah, urin, USG ataupun rontgen dan jangan melakukan olahraga terlebih dahulu sebelum dokter dapat memastikan kondisi kesehatan Anda.

dr. Michael Triangto, SpKO

No comments: