Pages

Wednesday, June 1, 2011

Tak Punya Kuku Karena Sering Lepas

Dok, kuku-kuku semua jari tangan saya hancur dan lepas dengan sendirinya diawali satu satu dan akhirnya semuanya. Kuku yang hancur kemudian tumbuh tapi tidak menyatu, retak bercabang, sehingga mudah sakit bila tersentuh benda lain.

Karena itu, bila kuku tumbuh langsung saya rapikan atau potong sehingga saya tidak mempunyai kuku tangan, hanya pangkal kuku saja. Hal ini sudah berjalan sekitar 1 tahun dan sangat menyiksa. Apa nama penyakit ini dan apa obatnya? Terimakasih.

Ali (Pria Lajang), ali_bralink@yahoo.com
Tinggi Badan 170 Cm dan Berat Badan 58 kg

Jawaban

Salam Ali,
Dari kondisi yang Anda ceritakan saya menduga Anda menderita trachyonychia suatu kondisi kerusakan kuku dimulai dari akar kemudian lempeng. Bila mengenai seluruh kuku jari tangan dan kaki disebut juga sebagai 20-nails dystrophy.

Beberapa penyakit kulit dapat menyebabkan kondisi ini misalnya psoriasis, eksim, lichen planus dan alopesia areata. Penyakit ini tidak mudah untuk disembuhkan. Membutuhkan waktu dan kedisiplinan. Umumnya diobati dengan steroid yang dioleskan. Pada beberapa kasus penyakit ini dapat membaik dengan sendirinya tanpa pengobatan.

dr Eddy Karta SpKK

No comments: