Pages

Friday, March 25, 2011

Iritasi pada Puting susu

Dokter, puting susu say bentuknya sama, saya mau tanya dok:
1.kalau tiap pagi puting susu itu terkesan datar ya, kalo di elus ato diusap baru keluar,apa normal?
2. puting susu saya belakangan ini terasa gatal, ada bagian kulit yang mengeras dan ada yang mengelupas gitu pinggir2nya, apa bahaya dok?ini keluhan baru saya soalnya, saya jgua sering ganti BH, tidak menyabun terlalu keras. pernah saya olesi daktarin, tapi kok gak ada pengaruhnya ya dok?
makasih dok

- Vera-

Jawaban : Â

1. Bentuk puting perempuan bermacam-macam. menurut saya puting Anda termasuk dalam kategori normal
2. Puting yang mengelupas biasanya karena iritasi, dapat disebabkan karena kondisi payudara terlalu lembab. sering bersihkan keropeng dengan air hangat, jangan langsung dikelupas dalam keadaan kering karena dapat menyebabkan luka baru. jangan terlalu sering berganti bra. yang penting adalah jangan biarkan payudara dalam kondisi lembab terlalu lama. apabila Anda berolah raga atau berkeringat banyak, segeralah berganti dengan bra dan pakaian yang kering. karena penyebabnya bukan jamur maka pemberian anti jamur juga tidak akan berfungsi. Semoga lekas sembuh.

- Dr. Fatimah Pitaloka-

1 comment:

ziah said...

maf dok saya ziah saya tidak tw cara posting k dokter dlu wktu remaja puting saya seperti keluar susu berwarna putih tapi mengering
dan sekarang setelah beberapa hari menikah dan d hisap suami saya mungkin terlalu keras jadi sedikit terluka dan seperti koreng luka sudah hampir 2 minggu n sekarang hampir mengering saya bingung pa tu bahaya??dan bagaimana cara mengobatinya??saya ingin konsultasi k dokter spesialis tp bingung spesialis pa...mohon bantuannya dok