Pages

Wednesday, July 22, 2009

Cara Mengatasi Pergumpalan Sperma

DEAR dokter,

Saya sudah menikah selama 3 tahun. Belum lama ini saya tes sperma karena ingin punya anak. Hasil tes saya makroskopis Warna: P. Mutiara: Bau, Khas Volume 3.4, PH: 7.2, Viksositas 3.5, Liquofaksi: sempurna, Aglutinasi spontan: Negatif, Mikroskopis Total: 74.6 Juta, Hidup: 57.6, Mati: 17, Jumlah spermatozoa (juta/ejakulat), Total:
253,6, hidup: 195.8, Mati 57.8.

Jenis Pergerakan sperma ( /100 sperma ) Bergerak lurus cepat: 12%, Bergerak lurus Lambat/pontang-panting: 47%, Bergerak ditempat: bergoyang: 21%, Tidak Bergerak: 20%, Kecepatan rata-rata menempuh jarak 0.1 mm 2.8 detik, Pergumpalan spermatozoa: positif +++++, Pulau-pulau gumpalan sperma: Penuh/LPB (kurang lebih penuh Sperma/kelompok), Kepala Spermatozoa ideal: 57 %, Uji HOS: 68%.

Sel-sel lain: Darah Putih: 5-7, Darah Merah: 2-3, Epitel: Positif, Kristal: Negatif, Bakteria: Negatif, Parasit: Negatif, Jamur: Negatif, Lain-lain: Negatif, Uji Migrasi Spermatozoa total yang Migrasi: 26.7 Juta/ml, Spermatozoa bergerak yang migrasi: 21.4 juta/ml, spermatozoa bergerak lurus yang migrasi: 2.3, Autoaglutinasi: Negatif, Hasilnya: kemungkinan untuk membuahi secara alami besar (dikeluarkan oleh dokter
Andrologi).

Tapi kata dokter kandungan isteri saya, sperma saya sulit untuk membuahi. Mana pernyataan yang benar? Bagaimana cara mengobati pergumpalan sperma, dan apa penyebabnya? Perlukah saya tes sperma lagi? Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.

Rian Hidayat
rian.hidayat0101@gmail.com

Jawaban:

Sebaiknya Anda berkonsultasi pada Androlog untuk pemeriksaan lebih lanjut, karena yang diperiksa itu hanya sperma analisa, belum pemeriksaan fisiknya. Bawalah hasil pemeriksaan sperma yang sudah ada kalau Anda ke Androlog.


(Dr Anita Gunawan SpAnd)

No comments: