Pages

Friday, July 3, 2009

Koreng di Kulit Kepala Anak

Saya mempunyai seorang anak laki-laki usia 15 bulan di kulit kepalanya tumbuh seperti koreng, padahal keramas sudah saya lakukan 2 hari sekali dan selalu saya bilas dengan bersih. Yang ingin saya tanyakan koreng itu disebabkan oleh apa? Apakah ada obatnya? Terima kasih.

-sukma-

Jawaban:

Ibu Sukma, terima kasih atas pertanyaannya.

Koreng pada kulit kepala dapat disebabkan oleh banyak hal, dan setiap penyebab memiliki gambaran tersendiri yang harus dilihat, namun gambaran khas tersebutpun akan menjadi tidak khas bila kelainan kulit tersebut sudah diobati bermacam-macam obat.

Salah satu penyebab koreng pada kulit kepala yang cukup sering pada anak adalah dermatitis seboroik, di mana terdapat peradangan pada kelenjar keringat di kulit kepala. Keadaan ini dapat disertai infeksi bakteri ataupun jamur.

Alangkah baiknya jika anak Ibu dikonsultasikan pada dokter kulit karena harus diperiksa dan diberikan terapi yang sesuai dengan penyebabnya.

Untuk sementara Ibu dapat mencoba membersihkan kulit kepala anak Ibu dengan sampho yang mengandung antijamur (seperti banyak dijual di pasaran) dan sebaiknya rambut digunduli dahulu selama masih terdapat koreng.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga dapat bermanfaat.


(dr. Lia Mulyani)

No comments: