Pages

Saturday, August 1, 2009

Haid Tidak Teratur dan Banyak

Assalamu’alaikum

Saya ingin bertanya tentang kondisi istri saya apakah kondisi ini wajar atau tidak, Setelah istri saya berhenti suntik KB yang digunakan selama 7 bulan siklus haidnya jadi tidak teratur. Dalam sebulan bisa dua kali haid dan banyak keluarnya, contoh bulan agustus ini tgl 1 - 6 haid kemudian tgl 17 haid lagi. Bulan kemarin juga begitu tapi lupa dengan pasti tanggalnya selesai haid tgl 20an lalu haid lagi 2 – 3 hari kemudian. Apakah ini disebabkan karena efek dari Suntik KB. Atau ada penyebab yang lain…?

Terima kasih atas perhatiannya, dan jawabannya.
-Acep-

Jawaban:
Wa’alaikum Salam Wr Wb.

Alat kontasepsi berupa suntikan adalah alat kontrasepsi yang mengandung hormon. Apabila istri Anda sebelum ini memakai alat kontrasepsi tersebut, pada saat dihentikan, maka tubuhnya akan berusaha beradaptasi kembali terhadap keadaan yang baru dan berusaha menormalkan kembali kadar hormon dalam tubuhnya. Dalam masa adaptasi tersebut jika haidnya menjadi tidak teratur masih dianggap wajar. Masing masing individu mempunyai cara adaptasi yang berbeda – beda baik banyaknya darah yang keluar maupun lamanya waktu beradaptasi. Coba bapak perhatikan pada bulan depan sifat haidnya bagaimana. Jika masih belum teratur sebaiknya bapak konsultasikan dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan terdekat.

Sementara ini saya menganjurkan agar istri bapak memperbanyak konsumsi makanan berprotein tinggi dan yang mengandung zat besi tinggi seperti tahu, tempe, kangkung, dsb. Dengan begitu diharapkan keadaan istri Bapak cepat kembali ke keadaan normal dan sehat seperti sediakala.

Demikian jawaban dari saya. Semoga istri Bapak cepat sembuh. Wassalam.


(Dr. Ira Rizanty)

No comments: