Pages

Monday, August 17, 2009

KULIT PIPI TIDAK BALANCE

muka saya 3th yang lalu mungkin belum sadar tdk begini, sekarang pipi saya peyot sebelah. kalo say senyum jadi berkerut kerut lumayan terlihat berbeda sekali.. saya mo tanya ini kenapa ya dok? n bagaimana mengobatinya.? saya sudah rontgen semua struktur tulang pipi saya kanan dan kiri sama. kekuatan otot juga sama. namun pipi kanan saya memang seperti hanya kulit saja. jadi kurang berdaging gitu.. gmn ya dokk.. mgengganggu bgt.. thx..

Hallo Lia, salam kenal...
Bila dengan pemeriksaan rontgen tulang dan kekuatan otot tidak ditemukan kelainan,. kemungkinan memang gangguannya pada kulit, terutama pada kolagen. Kolagen yang terdapat lapisan dermis kulit manusia merupakan komponen kulit yang mengahsilkan kekenyalan dan elastisitas kulit. Faktor utama yang menyebabkan berkurangnya kolagen adalah penuaan (aging), baik penuaan dari dalam (sesuai usia) maupun penuaan akibat faktor dari luar, seperti sinar matahari, polusi, dsb. Kolagen juga dapat terganggu sintesisnya pada orang2 yang kekurangan (defisiensi) vitamin C, sering sariawan berulang di daerah mulut, atau menderita penyakit autoimun yang menyerang kolagen kulit. Untuk memastikannya, sebaiknya periksakan langsung ke dokter spesialis kulit. Bila perlu akan dilakukan biopsi kulit (pemeriksaan histopatologi) untuk memastikan diagnosisnya. Terapi yang dapat dilakukan antara lain: injeksi filler, yakni mengisi jaringan yang kosong dengan kolagen. Injeksi ini dilakukan oleh dokter spesialis kulit. Lama kerja injeksi filler bervariasi, mulai dari bulan-an hingga tahunan, tergantung jenis filler kolagen yang digunakan. OK Lia?

No comments: