Pages

Monday, August 3, 2009

Radang Tenggorokan, Amandel Membesar

Dok ..

Anak saya sering sekali radang tenggorokan dan amandelnya sudah membesar, apakah sudah perlu untuk di operasi dok. Sebagai informasi anak saya berumum 5 tahun 6 bulan

terimakasih dok
-Purwa-


Jawaban:

Ibu Purwa yang terhormat ...

Radang tenggorokan memang sering terjadi pada anak-anak dan bila kambuh biasanya disertai amandel yang membesar (membengkak).

Operasi amandel memiliki keuntungan dan kerugian yang tentunya harus Ibu pertimbangkan sebelum melakukannya.
Amandel atau yang disebut dengan tonsil, merupakan salah satu benteng pertahanan tubuh, di dalamnya terdapat banyak sel-sel pertahanan tubuh. Bila kuman menyerang (terjadi infeksi) maka sel-sel yang bekerja melawan kuman akan aktif, termasuk sel-sel yang berada dalam tonsil.
Aktivitas sel-sel pertahanan tersebut akan membuat tonsil membesar dan meradang. Sehingga tidak heran bila terjadi infeksi pada saluran napas, maka tonsil akan membesar dan meradang dan tentunya akan terasa sakit terutama bila menelan. Bila tonsil atau amandel dioperasi maka kita akan kehilangan salah satu benteng pertahanan tubuh kita.

Namun amandel yang sangat besar sampai mengganggu pernapasan dan radang tenggorokan yang sering sekali timbul hingga mengganggu aktivitas dan pertumbuhan anak, maka sebaiknya dilakukan operasi pengangkatan amandel.

Sayangnya saya tidak mengetahui lebih jauh seberapa besar amandel anak Ibu dan seberapa sering radang tenggorokannya. Namun Ibu dapat mempertimbangkan keuntungan dan kerugian tindakan operasi tersebut hingga dapat membuat keputusan yang terbaik untuk anak Ibu.


Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga dapat bermanfaat.


(dr. Lia Mulyani)

No comments: