Pages

Sunday, August 1, 2010

Benjolan di Gusi dan Payudara

Saya ingin kosultasikan Kesehatan istri saya, begini di Gusi istri saya tumbuh seperti benjolan lunak pada gigi yng berlobang dan sudah mulai mengganggu dan ada satu hal lagi di Payudara kanan istri saya kalau di pegang sakit dan asal diketahui saja tidak ada perubahan bentuk antara payudara kiri dan kanan.
Yang inginsaya tanyakan :

1. Apakah benjolan di Gusi itu kanker atau apa ?
2. Sakit dipayudara kira-kira apaa yaa?

Terima Kasih atas jawabannya.
-Aip-

Jawaban:
Bapak Aip Yth,

Benjolan pada gusi dapat berupa tumor jinak atau ganas. Pada perempuan terutama ibu hamil yang dapat timbul pada tiga bulan pertama. Tumor jinak lain misalnya kista retensi – akibat tersumbatnya saluran kelenjar liur, dan lain-lain. Untuk masalah ini sebaiknya Bapak mengajak istri Bapak berobat ke dokter gigi. Jika memang tumor, penanganan lebih dini akan lebih baik.

Sementara itu, untuk benjolan yang teraba di payudara bisa merupakan pembesaran kelenjar atau bisa juga tumor jinak atau kanker payudara. Sebaiknya Bapak atau istri Bapak melakukan pemeriksaan pada hari ke – 7 atau 8 setelah hari pertama menstruasi untuk menghindari perabaan kelenjar yang biasanya membesar menjelang mentruasi. Selain membesar menjelang mentruasi payudara kadang-kadang juga teraba kencang dan nyeri bila ditekan.

Adapun posisi untuk pemeriksaan payudara dapat bervariasi, seperti pada gambar di bawah ini. Posisi yang diperiksa dapat duduk atau berdiri dengan lengan di samping (A), dengan lengan diangkat ke atas (B), dengan tangan bertumpu pada panggul dengan kuat (berkacak pinggang, dengan kuat menekan pinggang) (C), atau dengan telapak tangan ditemukan di depan dahi dan ditekan kuat (D). Perabaan ketiak untuk mencari benjolan (pembesaran getah bening) dilakukan sambil lengan atas dipegang pemeriksa (E). Posisi yang diperiksa telentang dengan bantal tipis di bawah punggung (agar payudara terlihat datar) dan lengan dinaikkan ke atas kepala pada sisi yang akan diperiksa (F). Perabaan payudara dilakukan memutar dari putting susu ke arah luar (G). Perabaan dilakukan dengan menggunakan permukaan jari kedua, tiga, dan empat.


Bila masih ditemukan atau dicurigai ada benjolan sebaiknya Bapak mengajak istri segera ke rumah sakit untuk bertemu dokter bedah. Perubahan bentuk biasanya terjadi pada penyakit yang sudah lanjut. Dengan dideteksi secara dini, penanganan akan lebih optimal. Dokter kemudian akan melakukan pemeriksaan lebih teliti, termasuk bila perlu akan dilakukan pemeriksaan mamografi, petanda tumor, dll tergantung hasil pemeriksaan fisik dokter.
Demikian jawaban saya, semoga bermanfaat. Terima kasih atas pertanyaannya.
(Dr. Edi Patmini SS)

2 comments:

Anonymous said...

ayanahaag

Unknown said...

selamat siang Dokter Ahmad Kurnia saya Ibu saya umur 52thn penderita cancer payudara sebelah kiri telah dioperasi januari 2003 payudara diangkat bersama dengan getah bening.Operasi oleh dr Idral dan Ahmad Kurnia .yg akan saya tanyakan saat ini terasa sakit pada bekas operasi dan sebelah kanan tidak ada benjolan tapi ada sedikit terasa sakit.terahir mamografi mei 2011 bonscant 2009.dari keterangan saya tsb mohon penjelasan Dok terima kasih sebelumnya

salam Ratno