Pages

Sunday, August 1, 2010

Testicular Cancer

12 Maret 05 anak laki2 saya (15 th) di- orchiectomy.
Testis kanan diambil karena besar sebelah. Phatology report; Embryonal carcinoma. Full abdomen CT scan negative.
Tumor marker high. Stage (N0, M0). Lymph nodes tidak ada pembesaran.
Urologist minta RPLND. Saya tidak mau karena ada risiko retrograde ejaculation. Saya tidak yakin akan dilakukan "nerve sparing procedures".
==========
Saya memilih surveillance dan chemo bila relapse. Dokter setuju surveillance tapi tetap RPLND jika relapse.

Pertanyaan.
Apakah treatment dengan chemo sudah cukup ampuh untuk mengobati testicular cancer dibanding RPLND..?
=======
Profesi saya karyawan Bank.
Anak saya dirawat oleh dokter di Jakarta, RS di Jl. Proklamasi/Salemba

-Muzakir-

Jawaban:
Pak Mudzakir yth,

Saya turut prihatin atas penyakit yang diderita Ananda,tapi Insya Allah dengan usaha yang Bapak jalani selama ini segalanya akan bisa diatasi.

Untuk cancer prostat stadium dini sesuai dengan hasil pemeriksaan dibawah ini, terapi pilihan yang terbaik memang RPLND, dan sekecil apapun tindakan atau pengobatan selalu ada efek sampingnya atau resikonya tetapi hal ini bisa diminimalisasi oleh beberapa hal al : kondisi umum pasien,kemampuan dokter dalam melakukan tindakan dan tentunya yang paling penting adalah campur tangan ALLAH SWT.

Untuk pemberian chemo biasanya dilakukan setelah tindakan tersebut,tujuannya untuk mencegah perkembangan sel-sel cancer sekaligus mematikannya.

Saran saya sebaiknya dilakukan second opinion untuk mempertimbangkan hasil diagnosis dan terapi, saya menyarankan di RS Dharmais.

Demikian tanggapan saya,mudah-mudahan ananda segera bisa sehat kembali,amiinn....ya robbal alaimin

Wassalam
(Dr. Zackya Yahya Setiawan )

No comments: