Pages

Sunday, August 1, 2010

Nyeri Pada Bekas Operasi Tumor Jinak Payudara

Dengan hormat,
Assalamu Alaikum Wr.Wb
Saya mau mengkonsultasikan masalah kesehatan adik perempuan saya (21 th) belum menikah ,kurang lebih 10 bulan yang lalu menjalani operasi pengangkatan tumor jinak di salah satu payudaranya dan sekarang dia mulai merasakan nyeri di daerah bekas operasi tersebut tiap kali merasa lelah, menjelang dan setelah menstruasi. Mengapa demikian dan apa yang harus dilakukan?
Terimakasih

Wa’alaikum salam Wr Wb,
-Kumala-

Jawaban:
Wa'alaikum salam wr.wb.
Pada tempat bekas operasi, biasanya terjadi jaringan sikatrik yang lebih padat dari jaringan sekitarnya dan itu memang normal. Pada saat menjelang menstruasi biasanya terjadi perubahan – perubahan hormonal yang menyebabkan jaringan payudara terasa membengkak dan padat sehingga bekas operasi tadi menjadi tertarik dan mengakibatkan rasa sakit. Hal tersebut masih dianggap normal pada sebagian orang dan nyeri tersebut biasanya akan semakin berkurang seiring dengan berjalannya waktu tergantung pada masing – masing individu. Pernah didapati kasus nyeri setelah operasi yang berlangsung hampir 2 tahun walaupun tidak terjadi terus menerus. Jadi yang sebaiknya adik Kumala lakukan saat ini adalah, makan dengan protein yang cukup tinggi sehingga bekas operasi tersebut benar – benar sembuh sempurna sehingga nyerinya akan menghilang dan stamina menjadi prima dan tidak mudah lelah.

Jika adik Kumala tidak dapat menahan nyerinya sehingga mengganggu aktivitas sehari – hari, dapat dikurangi dengan obat – obat pereda nyeri yang bisa didapatkan di apotik terdekat.

Demikian jawaban dari saya, semoga Kumala puas dan adiknya cepat sembuh, ya.. Wassalam........


(Dr. Ira Rizanty)

2 comments:

eladzaky said...

Tadinya saya juga mau menanyakan ini, yg saya alami sama persis dengan mbak kumala. tapi kebetulan sudah diwakilkan pertanyaannya, dan sudah dijawab juga dengan jelas oleh dokter.

Terimakasih, sekarang saya jadi lega...

Anonymous said...

Saya jg memiliki gejala yg sama. Setelah 2 tahun operasi fam, skrg masih sering nyeri saat kelelahan atau setelah mentrulasi. Dan saya selalu takut kalo penyebabnya tumbuh tumor lagi.