Pages

Sunday, April 17, 2011

Gendang Telinga Tertusuk Cotton Bud

Sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih sekali atas jasa layanan tanya jawab kesehatan lewat internet ini oleh Mer-C, sungguh sangat bermanfaat.
Saat saya sedang membersihkan telinga, teman saya menabrak saya sehingga cotton but tersebut masuk ke dalam telinga kanan saya. Selama 5 menit mengeluarkan darah dan berdengung keras sekali.
Sudah saya sempatkan ke dokter THT, kerusakan gendang telinga mencapai 20%. Yang ingin saya tanyakan, apakah bisa sembuh kembali?
Dan apa yang harus saya lakukan atau hindari?
Terima kasih.

-dyah-


Jawaban:

Mba Dyah Ykh,

Sebelumnya kami mohon maaf atas keterlambatan menjawab pertanyaan ini.
Kerusakan gendang telinga 20%, biasanya gendang telinga Anda sudah mengalami sobekan yang luasnya kira-kira 20% dari keseluruhan luas gendang telinga Anda. Fungsi pendengaran biasanya masih ada walaupun sudah sedikit berkurang. Namun apabila sobekannya itu tepat di mana tulang pendengaran menempel di gendang telinga, bisa jadi Anda mengalami tuli total.

Pada orang dewasa, gendang telinga yang telah sobek biasanya sudah tidak bisa lagi menutup. Jalan yang terbaik untuk mengatasinya adalah melalui operasi Timpanoplasty.

Untuk menjaga kerusakan yang ada sekarang tidak bertambah besar atau parah minimal yang dapat Anda lakukan adalah apabila membersihkan telinga gunakanlah peralatan yang betul-betul bersih. Anda juga harus lebih berhati-hati. Jagalah jangan sampai telinga yang sakit kemasukan air karena air yang masuk bisa langsung mengalir ke telinga tengah dan sulit dikeluarkan sehingga dapat menimbulkan infeksi. Untuk menghindari hal ini, apabila anda mandi terutama pada saat keramas atau berenang sebaiknya gunakanlah karet penutup telinga.


Begitu juga kalau Anda menderita batuk ataupun pilek. Segeralah berobat supaya infeksinya tidak menjalar ke telinga. Karena antara telinga tengah dengan tenggorokan kita ada saluran penghubung yang berfungsi menjaga keseimbangan tekanan antara telinga dengan udara luar. Pada gendang telinga yang telah berlubang, maka pada saat batuk atau bersin tekanan yang tinggi di tenggorokan akan memudahkan udara masuk ke telinga dan sekaligus membawa kuman atau virus.

Demikianlah, semoga informasi yang kami berikan ini bermanfaat bagi Anda.

(dr. Iman Hilmansyah)

6 comments:

Habaruddin Laoddang said...

Maaf dok mau nnya
saya mengalami kurang pendengaran sejak kecil saat periksa selaput telinganya udh berlubang....jadi pertanyaan apakah masih bisa dioperasi ataukh tidak...jika bisa brpakah biaya operasinya dan dimana bisa melakukan operasi (rumh sakit yg baik tuk dilakukan operasi telinga)..makasih dok

Habaruddin Laoddang said...

Maaf dok mau nnya
saya mengalami kurang pendengaran sejak kecil saat periksa selaput telinganya udh berlubang (kata dokter THT)....jadi pertanyaan apakah masih bisa dioperasi ataukh tidak...jika bisa brpakah biaya operasinya dan dimana bisa melakukan operasi (rumh sakit yg baik tuk dilakukan operasi telinga)..makasih dok..saya sngt btuh tanggapannya

mama radit said...

Dok, semalam anak saya berumur 2 th demam tinggi, lalu sya cek suhu dgn termometer dilubng luar telinga anak saya, kata teman sya lebih akurat cek di mulut atw telinga. Tapi pas lg dicek suhu termometer diluar lubang telinga, anak saya berontak. Lalu dia nangis, saya liat dalam telinganya berdarah, saya usap dgn tisu yg digulung, saya mw tanya dok, bagaimana apa tidak apa2 dok, saya takut knapa2. Apa telinga anak sya bisa sembuh sendiri. Mungkin telinga anak saya tertusuk ujung termometer yg terbuat dr besi itu. Apa gendang telinganya tidak apa2 atau bagaimana. Saya cemas dok takut anak sya terganggu pendengarannya. Mohon dujawab segera dok. Thax a lot.

Reczty Sirgha said...

Dok, pagi tadi anak saya telinga nya berdarah akibat cutton buds, anak saya baru 1 tahun. Itu berbahaya atau bagaimna dok. Boleh dijelaskan ? Sbab saya takut anak saya kenapa2. .
Saya ada pergi klinik, tapi dokter tak dapat check sebab anak saya tak mau diam saat telinga nya mau diperiks . Tolong dok masukannya. Terimakasih

Anonymous said...

Klo telinga nya kecolok cotton bud, keluar darah nah saya langsung periksa ke 24 jam karna udab malem, terus katanya ga ampe gendang telinga, cuman lobangnya ada yg robek, tapi sekarang kuping saya suka nyut2an sakit. Itu gimanaa yaa?

Unknown said...

slmt siang dok .. saya mau nanya ,baby ku umur 4bln ..
td pagi sebelum mandi saya bersihin telinga anak saya pake cottonbud entah kdaleman atau apa .anak sy langsung nangis dok itu pas jam 7.30 pagi .smpe sy mandiin jam 8.30 pagi .. abs mandi dia anteng ketawa seperti biasa .tp kalau kuping kanan nya sy sentuh dia nangis senangis2nya dok .. walau cma saya elus2 lembut juga dia nangis .setelah baca komentar bunda2 diatas sampe ada yg berdarah .tp ini sy liat anak saya gaberdarah dok .cuma smpe selarang pukul 13.21 msh aja begni lg anteng dan tiap di sentuh tlinga nya dia nangis ... apa bahaya dok? dan ambil tindakan?