Pages

Sunday, May 1, 2011

Akar Gigi Geraham

Dok saya mau tanya.Gigi graham belakang saya ada yang lubang cukup parah karena tinggal akarnya aja.itu kira2 mencabutnya bagaimana?trus sekarang gusi saya bengkak tapi tidak keras.Terima kasih atas perhatianya

Salam

Â

Jawaban:

Jika gigi tinggal akarnya, biasanya dokter gigi akan menyarankan untuk dicabut, karena itu merupakan sumber infeksi. Mengingat gigi terletak di daerah kepala, maka tidak jarang terjadi penyebaran infeksi ke selaput otak yang dapat mengancam jiwa, terutama gigi atas.

Untuk mencabut akar gigi, dokter akan menggunakan tang pencabut untuk memegang sisa mahkota gigi, bila tidak bisa dokter gigi menggunakan alat untuk melonggarkan gusi dan kemudian mencabut akar tersebut. Semua proses tersebut dalam anestesi, jadi pasien tidak merasakan sakit.

Gusi yang bengkak biasanya merupakan tanda infeksi. Sebelum pencabutan infeksi akan diobati terlebih dahulu agar reda. Hal ini menghindari penyebaran infeksi melalui pembuluh darah yang terbuka karena pencabutan. Sebaiknya Anda tidak menunda untuk pergi ke dokter gigi.

Demikian jawaban saya, semoga bermanfaat. Terima kasih atas pertanyaannya.

(Dr. Edi Patmini SS Tuasikal)

No comments: