Pages

Friday, April 18, 2014

Agar Balita Tak Trauma Usai Mengalami Kekerasan Seksual

Halo, saya punya anak laki-laki umur 3 tahun. Anak saya tersebut main dengan temannya yang berumur lebih tua dari anak saya (sudah sekolah). Minggu kemarin anak saya mengeluh sakit di lubang pantatnya, setelah ditanya pelan-pelan dia jawab baru mainan dengan sendok. Sendok tersebut dimasukan ke lubang pantatnya secara paksa (dijagal sama teman-temannya) sampai ada bekas luka.

Yang saya mau tanyakan apakah hal tersebut akan mempengaruhi sisi kejiwaannya? Karena saya takut akan menjadi trauma berkepanjangan dengan anak saya tersebut. Mohon saran agar anak saya tersebut tidak mengalami trauma. Terimakasih.

Galih (Laki-laki menikah, 31 tahun)
m_gapamaXXXXX@yahoo.com
Tinggi badan 167 cm, berat badan 90 kg

Jawaban

Dear Bapak Galih,

Apa yang dialami oleh anak Bapak termasuk ke dalam tindakan kekerasan seksual. Jika memang benar hal tersebut dilakukan oleh temannya, ada baiknya Bapak membawa anak Bapak ke psikolog anak untuk berkonsultasi dan melihat lebih mendalam permasalahannya sehingga bisa dicari jalan keluar terbaik.

Kondisi trauma mungkin saja dapat terjadi pada anak Bapak ketika ia mengalami rasa sakit yang luar biasa ketika tindakan tersebut dilakukan, namun saya tidak bisa memberikan kesimpulan apakah kejiwaannya terganggu atau tidak sebelum dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Semoga permasalahan ini segera bisa selesai.

Terimakasih.

Ratih Zulhaqqi, M.Psi

No comments: