Pages

Friday, April 18, 2014

Vertigo Setelah Minum Obat Saraf

Dok, ibu saya didiagnosa terkena penyakit neuron motorik ALS (Amyotrophic Lateral Sclerosis). Sebelumnya didiagnosa sebagai MMN (Multifocal Motor Neuropathy). Karena didiagnose sebagai MMN, maka mendapat obat Prednison dalan 2 bulan terakhir yang dosisnya diturunkan secara bertahap. Fungsinya menekan imunitas tubuh sendiri.

Ternyata sejak minum Prednison ini, ibu saya mengalami terasa berputar, vertigo kadang berat kadang ringan. Tetapi, penurunan dosis Prednison tak memperlihatkan redanya vertigo secara signifikan.

Dokter meresepkan minum obat vertigo Betaserc 24 mg, tak mengurangi vertigo. Diganti dengan Dramamim juga tidak berpengaruh. Vertigo ini benar-benar membuat ibu saya tidak nyaman.

Pertanyaan saya, apakah vertigo ini pengaruh dari penyakit ALS itu sendiri atau masalah di bagian lain? Terimakasih atas jawaban dokter.

Eva (Perempuan lajang, 24 Tahun), est_XXX@yahoo.com
Tinggi Badan 158 Cm dan Berat Badan 48 Kg

Jawaban:

Memang, Prednison kadang membuat vertigo. Saran saya lakukan saran yang seperti dokter Anda berikan, yaitu turunkan Prednisone secara bertahap dan setelah 7-10 hari lepas prednisone mungkin dapat kita evaluasi ulang apakah vertigonya masih ada atau sudah hilang.

Bila memang masih ada (bukan efek dari Prednisone), maka harus dicari lagi secara teliti dari mana timbulnya vertigo tersebut, dan saya pikir bukan karena ALS-nya. Sistem yang bekerja pada kedua kondisi tersebut berbeda, ALS sistem motorik sedangkan vertigo sistem keseimbangan.

Mungkin disebabkan karena microangiopathy dari pembuluh darah yang mempertahankan keseimbangan ibu anda, dimana angiopathy pada pembuluh darah memang secara tidak langsung dapat disebabkan oleh ALS.

Dr. Fritz Sumantri Usman Sr,SpS, FINS

No comments: