Thursday, April 26, 2012

Bisakah Bekas Jerawat Dihilangkan?

Begini dok, wajah saya banyak bekas-bekas jerawat. Saya sudah menggunakan berbagai macam produk untuk menghilangkannya, tapi tidak hilang juga.

Kemudian juga banyak komedo tumbuh di bagian hidung dan pori-pori wajah pun membesar. Kategori kulit saya cendrung berminyak. Bagaimana cara mengatasi semua permasalahan tersebut dan apa obatnya? Mudah-mudahan obatnya mudah saya dapatkan di daerah saya dan harganya juga terjangkau. Terimakasih dokter.

Tia (Perempuan Lajang, 24 Tahun), cut_intanmeutia@yahoo.co.id
Tinggi Badan 162 cm dan Berat Badan 49 kg


Jawaban


Sayangnya Saudara tidak menjelaskan seperti apa bekas jerawat yang terdapat di wajah Anda. Saya akan memberikan penjelasan secara umum tentang bekas jerawat.

Jerawat yang telah menyembuh biasanya meninggalkan bekas kehitaman, bekas kemerahan dan bekas berupa lubang-lubang, atau disebut juga skar jerawat. Urutan ini juga merupakan urutan tingkat kesukaran yang makin tinggi untuk kesembuhannya. Jadi lubang-lubang bekas jerawat merupakan bekas yang paling sulit diatasi.

Bekas kehitaman dapat dibatasi dengan krim yang mengandung pemutih. Bekas kemerahan lebih sukar diatasi. Dapat dicoba dengan preparat yang mengandung azelaic acid. Bila kurang memuaskan, seringkali diperlukan terapi laser. Skar jerawat paling sulit, dan biasanya sangat jarang didapatkan kesembuhan total. Dapat dicoba dengan Peeling, teknik Percutaneous Collagen Induction (Dermalpunch/Dermaroller), atau yang paling canggih juga dengan terapi laser.

Untuk orang yang memilki kulit berminyak, biasanya ukuran kelenjar minyak relatif lebih besar, sehingga pori-pori (yang merupakan muara kelanjar minyak) juga umumnya lebih besar. Penggunaan toner yang mengandung alkohol/resorsinol terkadang dapat membantu menyamarkan.

Sedangkan untuk komedo hidung, untuk menguranginya dapat diberkan preparat yang mengandung Retinoic Acid. Selain pemutih, kandungan obat-obat yang disebutkan di atas hanya dapat diperoleh dengan resep dokter.

dr. Susie Rendra, SpKK

No comments: