Monday, April 29, 2013

Semasa Kecil Flek Paru-paru, Sekarang Jantung Bermasalah

Sewaktu saya kecil pernah flek paru-paru dan asma bronkhitis tapi tidak pernah kambuh lagi. Akhir-akhir ini kok dada kiri saya sering nyeri tiba-tiba, saya kira gejala jantung tapi yang kanan juga kadang nyeri cuma tidak seintens yang kiri. Nyerinya tidak disertai sesak napas cuma seperti ditusuk jarum.

Sebenarnya saya kenapa? Jika harus periksa ke rumah sakit, ke bagian mana? Terimakasih.

Tika (Wanita Lajang, 18 Tahun)
tieka_XXX@yahoo.co.id
Tinggi 154 cm dan Berat 56 kg

Jawaban:

Sebelumnya Anda mengatakan bahwa Anda punya riwayat penyakit bronkitis dan asma paru-paru? Berapa lama berlangsung ya? Kapan terakhir kali melakukan pemeriksaan rontgen dada atau foto thorax?

Mengenai gejala nyeri dada, berapa lama berlangsung nyeri dada yang Anda alami? Apakah nyeri dada tersebut berlangsung dalam durasi lebih dari 5 menit? Saya sarankan Anda untuk segera ke rumah sakit dan lakukan pemeriksaan rontgen dada dan EKG.

Mengenai nyeri dada, nyeri dada sangat berkaitan dengan jantung. Namun, tidak hanya jantung, nyeri dada juga bisa disebabkan oleh beberapa penyakit lain, seperti :

1. Nyeri dada yang berasal dari paru-paru, seperti kanker paru-paru, edema paru-paru, emboli paru-paru.
2. Nyeri dada yang berasal dari perut, seperti maag, gangguan pencernaan, asam lambung meningkat, GERD
3. Nyeri dada karena batuk, infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus.
4. Nyeri dada yang verasal otot atau tulangdada (tulang dada/tulangrusuk patah)

Untuk gejala nyeri dada yang berasal dari jantung, biasanya berlangsung lebih dari 5 menit, nyeri dada ini disertai dengan sesak napas, sesak dada, jantung berdebar-debar. Jika terkena salah satu dari gejala nyeri dada di atas kami sarankan Anda melakukan pemeriksaan rontgen dada.

Jika sudah melakukan pemeriksaan lengkap, namun ada yang ingin ditanyakan mengenai kondisi jantung, dan paru-paru Anda dapat berkonsultasi dengan saya gratis, tidak dipungut bayaran sepeser pun dengan membawa hasil pemeriksaan dari dokter sebelumnya. Terimakasih.

Profesor Xiao Mingdi

4 comments:

dave dave said...

Malam dok... Sebelumnya maff saya comnt di sini karena saya ga tau cara bikin pertanyan yg di buat seperti "Semasa Kecil Flek Paru-paru, Sekarang Jantung Bermasalah".

Saya mau tanya dok. Kenapa di vagina pasangan saya mengeluarkan sedikit sedikit butiran butiran darah(sudah dari 6 hari lalu) padahal bukan masa menstruasi.apakah itu disebabkan karena oral sex atau Kenapa ya?
Tollong dibantu ya dok. Soalnya cukup settres memikirkannya takut kenapa2.
Jika perlu kedokter tollong recomnt untuk dokter nya.
Trima kasih ya dokter.

Nama Dave
Email : dave.daveoke@gmail.com

MaxInLove said...

Dokter, saya mau tanya....
Saya sering tidak bisa tidur, saya juga tidak tau penyebabnya.
Awalnya tensi saya tinggi, setelah minum obat penurun tensi akhirnya tensi saya rendah, saya kadang gelisah tidak jelas. Seperti ada yg mengganggu pikiran tapi entah apa, dan sekarang tubuh saya lemas tak bertenaga, tidurpun tidak bisa. Saya juga pernah konsultasi ke dokter kejiwaan tapi tetap tidak ada reaksi yg menunjukan saya bisa tertidur lelap meski sudah mengkonsumsi obat penenang.
Minta sarannya dok, kira-kira saya terjangkit penyakit apa?

Nama : Lunny
Email : Lanlunny@yahoo.co.id

Anonymous said...

Slmt sore dokter. Aku mempunyai mslh dg alat vitalku,cpt keluar,tdk thn lama, tdk panjang n besar dan terkandang sering keluar sendiri air maninya dlm 1 minggu adakan cr tuk mengobatinya tlng ya dok jk tdk keberatan sms kan aja ke no 085357566682 sy tnggu dr dokter.

hok said...

Dok, sy jg mau tanya, kok d bawah Ulu hati sy skt ya klo d tekan. Sy jg merasa lemas, ngantuk n tak bersemangat. Sebelumnya sy pernah cek ke dokter jantung, tp ga masalah, cek lg k dokter umum, ktnya darah sy kental dan berlebihan. Stelah itu sy buang 300cc darah ke PMI. Sy mulai segar. Tp skrg kambuh lg... Sy hrs bgmana ya dok?