Friday, January 17, 2014

Bayi 1 Bulan yang Sering Muntah Setelah Menyusu ASI

Saya mau konsul tentang anak saya yang masih bayi usia 1 bulan lebih. Kenapa ya bayi saya setiap sudah dikasih ASI sama ibunya sering sekali muntah, faktor dari disebabkan seperti itu, dan apa tidak berpengaruh terhadap si bayi yang telat melakukan imunisasi yang kedua? Tolong saya kasih informasinya. Sekian dan terimakasih.

Begi Prihanto (Laki-laki menikah, 27 tahun)
begiXXXXX@yahoo.co.id
Tinggi badan 172 cm, Berat badan 71 kg

Jawaban

Dear Begi,

Senang sekali Bapak mempunyai perhatian yang demikian besar dan detail untuk pertumbuhan anak. Selamat menjadi breasfeeding father yang selalu mendukung istri menyusui.

Untuk pengeluaran isi lambung ada yang disebut muntah dan gumoh. Gumoh terjadi seperti air yang mengalir, bisa sedikit atau cukup banyak dan bersifat pasif dan spontan. Sementara muntah biasanya lebih banyak dan dengan kekuatan, ada upaya anak untuk mengeluarkannya, dan atau tanpa kontraksi lambung.

Gumoh dan muntah dapat disebabkan beberapa hal seperti ASI yang diberikan melebihi kapasitas lambung. Hal ini terjadi karena ASI yang terdahulu belum sampai ke usus. Posisi menyusui yang kurang tepat menyebabkan ASI masuk ke saluran nafas. Pemakaian dot yang menyebabkan udara lebih banyak masuk ke lambung dapat menyebabkan bayi muntah. Masih belum sempurnanya fungsi klep penutup lambung yang menghubungkan saluran pencernaan atas dan lambung serta belum sempurnanya fungsi pencernaan bayi dengan peristaltik dapat menyebabkan bayi muntah atau gumoh. Selain itu, bayi yang terlalu aktif atau pada saat bayi menangis terus menerus akan membuat tekanan di dalam perut tinggi sehingga keluar dalam bentuk muntah atau gumoh.
Gumoh atau muntah seringkali terjadi bayi. Pada usia 1 bulan 80 persen bayi mengalami gumoh. Gumoh akan berkurang sesuai penambahan umur bayi. Sebaiknya Bapak mengamati lebih jauh muntah yang terjadi pada bayi. Gumoh atau muntah yang berlebihan dapat menyebabkan terganggunya pertumbuhan bayi. Sebagian kecil kasus muntah bayi bersifat patologis yang menjadi indikasi ganguan serius. Terkait dengan imuninasi, Bapak dapat mencari informasi ke tenaga kesehatan atau fasilitas kesehatan terdekat.

Selamat menikmati menjadi bresfeeding father, menyusui eksklusif selama 6 bulan, memberi MP ASI yang berkualitas dan rumahan dan terus menyusui hingga 2 tahun atau lebih. Hal ini akan membuat Bapak sekeluarga menikmati hidup dengan kualitas kesehatan yang prima.

Salam

Emmy

No comments: