Pages

Friday, April 3, 2015

Bayi 7 Bulan Muntah Setiap Diberi Bubur Nasi, Harus Bagaimana?

Selamat siang Dok, anak saya usia 7 bulan, sudah diperkenalkan MPASI dari umur 6 bulan, awal diberi makan saya beri buah dan sayuran yang dibuat puree. Menginjak usia 7 bulan saya coba beri bubur nasi, dengan dicampur maupun tidak dicampur sayur atau ikan, dan anak saya muntah saat diberi makan. Apakah anak saya tidak suka nasi? Saya harus bagaimana ya Dok? Thanks.

Dewi Shinta (Wanita, 28 tahun)
deewishintaXXXXXX@gmail.com
Tinggi 160 cm, berat 54 kg

Jawaban

Ketika usia menginjak 6 bulan adalah masa penting untuk mengenalkan berbagai macam makanan ke bayi dengan konsistensi yang lembut dan lunak. Selama masa transisi ini, sebagian bayi tidak bisa langsung menerima variasi makanan baru dan langsung menyukainya. Bayi Ibu bisa juga tidak suka dengan rasa nasi atau alergi atau konsistensi bubur susunya terlalu padat dan kental.

Sebenarnya tidak masalah, Ibu bisa mengganti nasi dengan sumber karbohidrat yang lain seperti kentang atau bisa Ibu mencoba bubur nasi dengan bahan dasar beras merah. Dan Ibu bisa mencoba memberikan bubur nasi putih lagi 1 bulan lagi. Banyak kreativitas menu pengganti bubur nasi yang bisa Ibu berikan.

Selamat berkreasi.

dr Melisa Anggraeni, SpA

No comments: