Pages

Thursday, April 2, 2015

Tubuh Terasa Pegal dan Lemas, Penyakit Apa?

Seluruh tubuh saya terasa pegal dan lemas Dok. Bahkan pergelangan tangan saya yang sebelah kiri terasa kaku hingga ke jari-jari saya Dok. Kemudian terkadang saya merasa sesak napas dan merasa sangat haus sekali secara terus menerus Dok. Dan kejadian ini sudah seminggu saya rasakan Dok. Penyakit apa yang saya alami ya Dok?

Abdi Hakiki (Pria, 24 tahun)
hakikiajjahXXXXX@yahoo.co.id
Tinggi 160 cm, berat 50 kg

Jawaban

Mencermati keluhan dan penjelasan singkat di atas, maka ada beberapa kemungkinan menuju ke diagnosis: anemia, gout, carpal tunnel syndrome, gangguan cairan dan elektrolit atau mineral tubuh (misal: hipokalemia, hiponatremia, hipokalsemia, dsb).

Mengingat keluhan di atas tidak spesifik atau khas, maka untuk memastikan diagnosisnya, dipersilakan segera memeriksakan ke dokter keluarga atau puskesmas terdekat, untuk mendapatkan penatalaksanaan terpadu dan paripurna.

Demikian penjelasan ini, semoga memberikan solusi.

Salam sehat dan sukses selalu!

dr. Dito Anurogo

No comments: