Pages

Thursday, December 20, 2018

Penyebab Sendawa Tidak Habis-habis

Assalamualaikum, pagi Pak Dokter, saya ingin bertanya. Kemarin setelah saya makan daging berupa sate, malam harinya perut saya mulas dan mual.

Pagi harinya masih tetap mules disertai nyeri pada perut saya, dan sendawa saya seperti bersendawanya orang habis minum soda. Kira-kira pengalaman saya di atas kenapa ya Dok? Terimakasih.

Laras (Perempuan, 20 tahun)

Jawaban:

Terima kasih atas pertanyaannya.

Dari sekilas infomasi yang Anda berikan kemungkinan besar Anda mengalami gangguan pada proses pencernaan.

Hal ini kemungkinan disebabkan oleh konsumsi makanan dengan kandungan lemak yang cukup tinggi. Lemak pada sate berasal dari minyak sayur yang digunakan pada saat proses pembuatannya.

Pada saat kita mengkonsumsi makanan berlemak setelah melewati lambung, di daerah usus halus lemak akan dipecah oleh cairan empedu dan enzim-enzim pencernaan lainnya.

Namun bila enzim-enzim pencernaan kurang, proses pengosongan lambung menjadi lebih lama, karena zat-zat makanan masih diproses di usus halus.

Hal ini akan menyebabkan asam lambung di dalam lambung menjadi gas yang menyebabkan Anda menjadi sering bersendawa.

Sayangnya saya kurang mendapat informasi pada bagian perut mana, nyeri dirasakan. Kemungkinan nyeri muncul akibat adanya peradangan di organ daerah perut. Sebaiknya Anda menjaga dan mengatur pola jam makan anda, hindari telat makan agar keluhan-keluhan di daerah pencernaan dapat berkurang.

Semoga informasi yang saya berikan bermanfaat.

dr Kevin William Hutomo

No comments: