Pages

Friday, February 13, 2009

Bagaimana Mengatasi Nyeri Pinggul?

Dok, pinggul saya sering terasa nyeri. Kenapa kejadian nyeri itu sering terjadi? Bagaimana solusi untuk mengurangi rasa nyeri tersebut? Terimakasih.

Bagyo (Pria Lajang, 24 Tahun), bagyo@yahoo.com
Tinggi Badan 170 Cm dan Berat Badan 50 Kg

Jawaban

Nyeri di pinggul sering terjadi dan dapat berbagai macam penyebabnya. Mulai dari faktor posisi tubuh saat bekerja, stimulasi yang terus menerus pada daerah tersebut, gangguan pada otot, infeksi dan peradangan sampai dengan trauma lain. Jadi penting untuk mengetahui riwayat kejadian nyeri.

Beberapa tindakan berikut dapat dilakukan pada nyeri pinggul seperti dengan mengistirahatkan pinggul, kompres hangat juga dapat membantu untuk relaksasi, stretching, sampai dengan obat anti nyeri. Tentunya tindakan-tindakan tersebut bergantung dari penyebab kejadian nyeri yang terjadi.

Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terutama apabila ditemui gejala ketidaknyamanan saat beraktivitas pada area nyeri, terlihat tanda-tanda peradangan, nyeri yang timbul pada malam hari atau saat istirahat, gangguan saat menekuk kaki (jongkok), terutama apabila terjadi terus menerus lebih dari 1 minggu.

dr. M. Helmi, Sp.An., MSc.

No comments: