Pages

Tuesday, February 3, 2009

Testis Anak Tidak Ada Sebelah

testis anak saya semenjak lahir tdk ada sebelah apakah itu berbahaya pas kami usg ternyata ada di perut usianya sekarang 2 th 9 bln.

-arif-

Jawaban:


Anak Anda mengalami apa yang di kedokteran disebut sebagai undescencus testis, yaitu suatu keadaan dimana salah satu atau kedua testis tidak turun. Banyak bayi yang mengalami hal ini pada saat lahir, akan tetapi biasanya pada usia sekitar 3 bulan testis tersebut akan turun dengan sendirinya ke kantong kemaluan.

Namun, pada beberapa kasus, testis tetap berada di rongga perut dan tidak dapat turun tanpa intervensi medis. Tetap beradanya testis di rongga abdomen tentu akan menimbulkan beberapa akibat, karena lingkungan di dalam rongga abdomen tidak sama dengan lingkungan testis yang normalnya adalah di kantong kemaluan. Akibat yang dapat ditimbulkan diantaranya adalah kesulitan mendapat keturunan di kemudian hari apabila tidak segera ditangani.

Saran saya, segeralah menghubungi dokter bedah di rumah sakit terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

Demikian jawaban saya. Semoga jawaban yang saya berikan dapat menjawab pertanyaan Saudara. Jika kurang jelas atau masih ada pertanyaan lain dapat menghubungi kami kembali.

(dr. Tri Handayani )

No comments: