Pages

Tuesday, August 3, 2010

Imunisasi HIB ( Radang Otak )

Selamat sore,

Saya ingin menanyakan mengenai IMUNISASI HIB ( RADANG OTAK ). saya mempunyai anak umur 19 bln, saya ingin meng-imunisasi anak saya dengan imunisasi HIB tapi sebelumnya saya ingin tahu :
1.sebabnya penyakit radang otak dan umur berapa anak yang terserang radang otak.
2. APa akibat imunusasi ( Dampak apa setelah imunisasi HIB ) apa panas aja, samapai berapa hari ?
kata temen saya, anak yang setelah diimunisai HIB akan panas dan jika tidak kuat maka akan lumpuh apa benar spt itu?

saya mohon dijawab dengan sedetail-detailnya

sebelumnya saya ucapkan terima kasih


salam

-ida-



Jawaban:


Assalamu Alaikum Wr Wb.
Ibu Ida yth,

Maaf atas keterlambatan kami menjawab pertanyaan ibu.
Penyakit meningitis pada anak dapat disebabkan oleh beberapa hal. Bisa karena virus yang dikenal sabagai "Meningitis Virus" atau "Non Purulent Meningitis". Virus penyebabanya antara lain adalah enterovirus(polio,coxsackie virus A dan B), "mumps" virus, herpes simplek virus, varicella virus zooster virus, hepatitis virus dsb.

Gejalanya sangat akut walaupun biasanya didahului oleh panas untuk beberapa hari. Gejala pada anak besar biasanya panas dan nyeri kepala mendadak yang disertai dengan kaku kuduk, nyeri tenggorokan, mual, muantah, nyeri pada kuduk dan punggung, pegal-pegal dan kesadaran menurun. Sedangkan gejala pada bayi tidak terlalu khas. Bayi mudah terangsang dan menjadi gelisah, kadang-kadang disertai mual dan muntah, gejala kejang jarang dilihat, jika penyebabnya Coxsackie virus maka dapat disertai 'RASH' yaitu merah-merah pada kulit dengan panas yang akan menghilang setelah 4-5 hari.

Penyakit ini akan sembuh sempurna tanpa kompilkasi apabila ditangani dengan baik. Pada kasus yang ringan akan sembuh setelah 3-4 hari. Sedangkan pada kasus berat dapat sembuh setelah 7-14 hari.

Ada juga meningitis yang disebabkan oleh kuman tuberkulosis atau kuman TBC. Pada kasus ini dapat terjadi komplikasi apabila pengobatannya tidak sempurna atau terlambat. Komplikasi dapat berupa gangguan neurologis yaitu kelumpuhan atau retardasi mental, buta dan tuli juga dapat terjadi. Gejala penyakit umumnya sama dengan gejala meningitis akibat virus.

Tidak ada batasan umur berapa anak terserang. Umur berapapun bisa terserang penyakit ini karena salah satunya bisa disebabkan oleh virus dimana virus tidak mengenal batasan umur. Yang terpenting adalah menjaga kondisi tubuh dengan baik yaitu dengan selalu memperhatikan kebersihan dan status gizi pada anak

Imunisasi HIB biasanya tidak menimbulkan demam, sama dengan imunisasi hepatitis B. Imunisasi apapun harus selalu dilakukan dalam kondisi anak sehat. Sebaiknya Ibu konsultasi terlebih dahulu dengan Dokter Anak Ibu sebelum melakukan imunisasi. Semoga Ibu bisa mendapatkan informasi yang Insya Allah akan menenangkan Ibu tidak yang seram-seram seperti informasi yang selama ini Ibu dapat.

Selamat beraktifitas. Semoga Ibu sekeluarga selalu sehat.

Wassalamu'alaikum Wr Wb



(dr. Zackya Arfinda Setiawan)

1 comment:

Sugeng said...

saya mempunyai balita usia 2bln dan BB 5Kg ingin bertanya perihal tahapan/tingkatan/jenis imunisasi balita? terkadang imunisasi pemrintah dng imunisasi dari Dr jauh berbeda dan harganyapun selangit belum lagi setiap 1 jenis imunisasi yg sama harus di ulang berkali-kali, yg ada di benak saya apakah ini suatu ladang bisnis bagi para dokter dengan menganjurkan imunisasi yg beraneka ragam dan harganyapun selangit, berbeda dengan imunisasi yg di anjurkan pemerintah. pernah saya coba iseng bertanya dng Dr anak seberapa perlukah imunisasi yg beraneka ragam jenis dan harga yg selangit? jawabannya adlh sangat perlu dan nantinya akan di berikan sertifikat dan yg membuat saya lebih heran lagi beliau berkata biar bisa pergi ke eropa dengan sertifikat imunisasi yg lengkap.