Pages

Friday, September 3, 2010

Apakah Anak Saya Vitiligo?

Selamat siang dokter,

Saya punya anak berusia 4 bulan dan di wajahnya utamanya didahi dan alis mata ada bercak-bercak putih seperti kena panu sudah saya coba dengan obat kulit namun sampai saat ini belum ada hasilnya.

Apakah anak saya kena vitiligo ??? dan jika positif terkena bagaimana cara menyembuhkannya serta obat yang tepat untuk vitiligo.

-heru-

Jawaban:

Bercak-bercak putih pada kulit (hipopigmentasi) merupakan salah satu gejala kelainan pada kulit. Salah satu penyakit kulit yang mempunyai ciri ini adalah panu (tinea versikolor). Selain panu, masih ada berbagai penyakit kulit lain yang mempunyai gejala hipopigmentasi ini, seperti leukoderma, nevus pigmentosus, vitiligo, dan lain-lain.

Berdasarkan cerita Saudara Heru yang singkat, sulit untuk menduga kelainan apa yang kiranya diderita oleh anak Saudara. Misalnya Saudara hanya menyebutkan obat kulit, tetapi tidak menyebutkan jenis obat apa (dugaan saya obat jamur yang anda gunakan, karena Saudara menduga bahwa kelainan tersebut merupakan panu), kapan kelainan itu muncul, apakah kelainan tersebut makin banyak, dan sebagainya. Saya anjurkan Saudara datang berobat ke dokter anak atau dokter kulit, karena untuk melakukan diagnosa suatu penyakit kulit dengan cerita yang singkat dan tanpa melakukan pemeriksaan (paling tidak melihat kelainan tersebut), sulit dilakukan.

Sebagai informasi, vitiligo merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan bercak-bercak putih dengan batas tegas berbentuk bulat atau lonjong, akibat tidak adanya melanosit, sel yang memproduksi melanin (zat yang memberikan warna pada kulit). Biasanya rambut yang tumbuh di atas kulit yang cacat ini juga berwarna putih.

Penyebab vitiligo belum diketahui, namun krisis emosi dan trauma fisik diduga merupakan faktor pencetus timbulnya penyakit tersebut. Pengobatan untuk kelainan ini memberikan hasil yang bervariasi, bisa memuaskan namun bisa juga kurang atau bahkan tidak memuaskan. Obat dapat berupa obat-obatan topikal (dioleskan pada kulit) maupun obat sistemik (obat yang diminum) serta dengan bantuan sinar matahari (yang mengandung ultraviolet A).

Perlu pula Saudara ketahui, kulit anak-anak terutama pada anak berusia kurang satu tahun, masih sangat sensitif, terlebih lagi jika ada riwayat alergi dalam keluarga. Penggunaan sabun, kream-kream pelembab yang tidak sesuai saja dapat menyebabkan kelainan pada kulit. Oleh karena itu saya sarankan, agar Saudara Heru lebih berhati-hati untuk memberikan pengobatan terutama pada anak-anak.

Demikian jawaban saya, semoga bermanfaat, dan terima kasih atas pertanyaannya.

(Dr. Edi Patmini)

No comments: