Pages

Tuesday, October 19, 2010

Nyeri Sakit Kepala Setiap 2 Hari

Dok, saya sering kali merasakan sakit kepala yang terasa berat, nyeri seperti ditekan kuat, sampai-sampai kalau dibawa jalan tidak kuat. Sakit kepala ini sering saya rasakan tidak menentu. Biasanya setiap 2 hari sekali. Kira-kira ada masalah apa ya Dok? Saya punya riwayat cepalgia. Terimakasih.

Raficha (Perempuan Lajang, 20 Tahun), rafichadinauli@ymail.com
Tinggi Badan 156 Cm dan Berat Badan 54 Kg

Jawaban

Cephalgia dapat diartikan sebagai sakit kepala. Ada beberapa penyebab sakit kepala. Dari hal yang paling ringan sampai dengan kondisi yang harus diwaspadai.

Bisa karena berkurangnya metabolisme di dalam otak akibat gangguan nutrisi (terutama glukosa/gula) yang mengakibatkan suplai energi untuk otak berkurang. Karena otak merupakan salah satu pengguna energi yang sangat besar. Nyeri kepala juga dapat diakibatkan oleh proses infeksi, perdarahan atau dimungkinkan tumor.

Yang perlu diwaspadai adalah apabila nyeri kepala disertai oleh gangguan lain. Terutama apabila nyeri kepala berlangsung lama dan disertai dengan makin berkurangnya kesadaran, mual muntah, sampai dengan gangguan fungsi indera atau fungsi organ.

Apabila tidak ditemui gejala yang perlu diwaspadai tersebut, dapat dimungkinkan terjadinya proses gangguan metabolism atau infeksi. Kejadian proses infeksi ditandai dengan demam tinggi terutama pada awal gejala muncul.

Ada baiknya untuk memeriksakan diri untuk dapat dilakukan penelusuran secara langsung, karena sangat dimungkinkan diperlukan pemeriksaan tambahan untuk penelusuran diagnosis.

dr. M. Helmi, Sp.An., MSc.

No comments: