Pages

Friday, December 31, 2010

Sakit (rasa gatal)

Assalamualaikum wr wb

Dok saya wanita berusia 21 tahun belum menikah. Memiliki keluhahan yaitu rasa gatal pada paha dan sekitar alat reproduksi juga alat reproduksi.ini sudah hampir satu tahun belum sembuh bahkan bertambah. Sampai saat ini saya belum tahu obatnya. Hal ini akan bertambah jika saya keringatan.

Pertanyaan saya :

1) Apakah ini akibat keputihan? karena saya juga terkena keputihan

2) Apa obat yang tepat dan apa tindakan saya yang tepat? saya malu konsultasi dengan orang lain dan ke dokterpun belum pernah saya coba. Dimana saya dapat membeli obat itu?

3)apakah obat VCO bisa digunakan?
Â
Terimakasih ya dok smoga kebaikan dokter di balas oleh Allah SWT.

wassalamualaikum wr wb

 - Rina -

Jawaban :

Wa'alaikum salam Â

Rina yang baik,

Rasa gatal disekitar alat kelamin dan paha yang disertai adanya keputihan, kemungkinan besar disebabkan oleh sejenis jamur. Coba anda cek adakah bercak kemerahan yang berbatas tegas di sekitar alat kelamin dan paha anda? Apakah keputihan anda berwarna kekuningan dan berbau tak sedap? Jika jawabannya adalah ya, maka jamurlah penyebabnya.

Langkah yang harus anda lakukan adalah :Â

   1. Ganti pakaian dalam anda minimal 2 x sehari. Gunakan pakaian dalam yang  berbahan dasar katun. Setiap habis membersihkan alat kelamin sehabis BAB / BAK, kelamin langsung dikeringkan dengan handuk atau tissue, baru kemudian pakai pakaian dalam kembali.

    2. Jangan pernah menggunakan celana yang ketat karena akan menyebabkan suasana yang lembab di sekitar alat kelamin sehingga memudahkan jamur untuk berkembang biak.

    3. Cukur daerah kelamin dengan alat cukur yang bisa anda dapatkan dipasaran hingga rambut sekitar alat kelamin habis.

    4. Anda dapat membeli salep jamur yang mengandung mikonazole, oleskan di lingkaran tersebut hingga batas 2 cm diluar lingkaran, minimal 2 minggu.

    5. Jika anda berobat ke dokter, maka dokter akan meresepkan obat yang harus anda minum. Saya rasa anda tidak perlu malu berobat ke dokter. Jika anda segan, anda bisa mencari dokter wanita agar anda lebih nyaman dalam berkonsultasi.

Saran saya, sebaiknya penyakit anda segera diobati dengan tuntas, karena jika tidak diobati dengan tuntas, saya khawatir akan menjalar ke organ reproduksi. Jika sampai menjalar ke organ reproduksi, akan semakin sulit diobati dan dapat menyebabkan sulit mendapatkan keturunan.

Demikian jawaban dari saya, semoga anda memahaminya.

Wass,
dr. Ira Riza

No comments: