Pages

Monday, June 6, 2011

Jengkel, Sariawan Tidak Sembuh-sembuh

Dokter, saya seorang Ibu dari 3 orang anak laki-laki, akhir-akhir ini saya sering kali sariawan bahkan dalam sebulan ini saya hampir full dan tidak cuma 1 titik tapi bisa 5-10 titik. Meskipun penyakit
ini memang langganan buat saya dari dulu, namun yang paling bikin jengkel sariawan saya kenapa lama sembuhnya ya Dok?

Walaupun sudah berbagai obat baik yang diminum, dikumur ataupun yang oles tapi tidak sembuh. Apakah penyebab
sariawan saya itu ada hubungannya dengan penyakit
dalam yang saya tidak ketahui? Saya tidak mempunyai penyakit dalam, apakah saya harus periksa ke Dokter Spesialis Penyakit Dalam? Periksa darah atau ada tindakan lain untuk mengetahui penyebab sariawan tersebut? Terimakasih untuk jawabannya.

Trisni (Perempuan Menikah, 38 Tahun), trisnie@gmail.com
Tinggi Badan 153 Cm dan Berat Badan 63 Kg

Jawaban

Sariawan memang penyakit yang selalu berulang dan tidak bisa sembuh total. Penyakit ini belum diketahui penyebabnya, sehingga pengobatannya hanya bersifat simptomatik. Rata-rata sariawan akan sembuh dalam 2 minggu. Bila memerlukan waktu penyembuhan yang agak lama maka perlu ditelusuri bahan-bahan yang berkontak dengan rongga mulut seperti pasta gigi, makanan, rokok, dan lain-lain. Lalu hindari bahan-bahan yang menjadi pemicu dari sariawan tersebut.

Drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI

No comments: