Pages

Saturday, June 11, 2011

Nyeri Tak Hilang Setelah Operasi Usus Buntu

Dokter, saya baru saja operasi usus buntu pada 8 April 2010 (diopname 4 hari), tapi sudah pecah sehingga ada nanah di dalam perut (banyaknya cc saya kurang tahu). Yang saya rasakan sekarang setelah operasi adalah kadang-kadang masih pusing, mual-mual seperti maag, sekitar punggung masih pegal-pegal dan di sekitar bekas operasi masih nyeri.

Yang ingin saya tanyakan adalah:

1. Berapa lama masa pemulihannya, sehingga saya bisa beraktivitas normal kembali (Sekarang saya sudah mulai bekerja, tapi kerjaan yang ringan saja)?
2. Apakah nantinya setelah sembuh mempengaruhi berat badan saya (bertambah atau berkurang)?
3. Jenis makanan apa yang boleh dimakan dan tidak boleh dimakan (kadang-kadang saya masih bingung)?

Atas informasinya dan penjelasanya, saya ucapkan Terimakasih.

Wahyu Susmato (Laki-laki Lajang, 29 Tahun), wahyou_ok2008@yahoo.co.id
Tinggi Badan 167 cm dan Berat Badan 47 kg

Jawaban

Pada operasi usus buntu yang tidak mengalami komplikasi kurang lebih 5-7 hari sudah dapat beraktifitas seperti semula. Namun bila terjadi komplikasi dapat lebih dari 7 hari. Tergantung dari tingkat keparahannya.

Pasca operasi rasa nyeri yang terjadi sesaat itu normal. Namun apabila nyeri terus menerus dan terjadi gejala klinis lainnya seperti yang terjadi pada Bapak, sebaiknya berkonsultasi ke dokter bedah dan dilakukan pemeriksaan fisik untuk memastikan kondisi Bapak lebih lanjut.

Adakah kemungkinan perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti USG, laboratorium darah, dll. Ataukah memang hanya sakit maag biasa karena pola makan yang tidak teratur dan tidak tepat waktu.

Adapun hal ini tidak ada kaitannya dengan berat badan asalkan asupan gizi cukup dan tidak ada penyakit penyerta lainnya seperti TB Paru, dll. Sedangkan dengan kondisi pasca operasi yang sudah 4 bulan, jenis makanan apa saja boleh.

Dr. Vera Ikasari, Sp.BP

No comments: