Pages

Monday, July 4, 2011

Usaha Maksimal Belum Juga Hamil

DOKTER, perkenalkan nama saya Tri Suci (29), sudah empat tahun menikah. Sampai saat ini kami belum diberikan keturunan. Saya sangat serius memeriksakan kandungan, dok sampai-sampai saya memeriksakan kandungan di dua dokter spesialis berbeda. Umumnya mereka hanya menyarankan agar saya tidak stres, banyak istirahat, dan memberikan obat penyubur kandungan.

Selain memeriksakan kandungan, saya juga rutin melakukan pemijatan setiap bulan usai haid, mengonsumi makanan-makanan yang dipercaya menyuburkan kandungan seperti tauge, susu kambing, dan berbagai sajian seafood. Sering menggendong-gendong anak kecil (bermaksud agar ketularan hamil) dan meletakkan bantal di pinggul saat bercinta agar cepat hamil. Mohon sarannya, dok.

Salam,

Tri Suci

Jawab:

Apakah suami Anda juga pernah di periksakan? Karena masalah kesuburan bukan saja masalah dominasi para istri saja, tetapi juga pasangannya.

Kalau belum, sebaiknya suami Anda juga diperiksakan ke androlog, di sekita RS tempat berdomisili Anda, suami bisa berkonsultasi ke RS terdekat.

Mungkin masalah ada pada suami Anda. Walaupun dokter kandungan menyatakan Anda tak ada kelainan, kalau suami Anda ada masalah tetap saja tidak bisa hamil.


(Dr Anita Gunawan SpAnd)

No comments: