Pages

Wednesday, August 24, 2011

Menstruasi tidak Teratur

kpd.yth dokter ditempat
please dok di jawab dok
saya punya pacar dan hubungan kita udah serius dok.begini biasanya tiap bulan dia hampir selalu telat untuk menstruasi,nah bulan ini dia udah sebulan dok telat padahl saya dan dia belum pernah melakukan hubungan yang diharamkan oleh agama kita ,saya kasian melihat dia dok tolong jwab,dia juga suka banget makann pedas apa itu juga yang mempengfaruhi,
thanks sebelomnya

Jawab :

Menstruasi adalah proses bulanan tumpahan lapisan bagian dalam dan darah uterus melalui liang kelamin wanita atau vagina. Keluarnya cairan yang mengandung darah ini terjadi pada wanita yang sudah memasuki usia subur dan yang sedang tidak hamil. Peristiwa ini dimulai dengan adanya pengeluaran selaput lendir rahim di bagian dalam rahim atau endometrium.

Di bawah pengaruh hormon estrogen, endometrium pun jadi tumbuh menebal, menantikan datangnya sel telur. Ibaratnya lapisan tebal endometrium ini seperti karpet atau tanah subur yang siap menanti datangnya sel telur atau okulasi. Pada puncak pertengahan siklus haid yang optimal, terjadilah pelepasan sel telur. Nah, saat itulah bila ada sel sperma masuk, sel telur dan sperma ini bersatu menjadi zygote (bakal janin) dan menempel pada endometris yang sudah mencapai ketebalan maksimal tadi.

Proses seperti ini akan berulang setiap bulan, sepanjang tidak terjadi pembuahan yang menghasilkan zygote. Pada waktunya, tumbuh lagi selaput yang baru. Dengan kata lain, karpet tadi digelar lagi, lalu tanggal lagi, begitu seterusnya.

Jadi, menstruasi sebetulnya sesuatu yang normal, sehingga semua wanita mengalaminya. Pada setiap wanita, siklus haid ini pun bervariasi. Rata-rata berjarak 28 hari, namun bisa juga sampai 42 hari. Jika sampai terjadi keterlambatan pun, semisal sampai 3-4 bulan, juga tak perlu terlalu dikhawatirkan. Tapi disarankan sebaiknya periksa ke dokter spesialis. Apalagi kalau telat sampai 5-6 bulan.

Sering orang salah mengerti, kalau sampai 3 atau 4 bulan tidak haid, mereka menyangka darahnya bisa mengumpul di dalam, menggenang, dan lama-lama bisa berbahaya. Padahal jika tidak haid, berarti tidak ada pendarahan bdi dalam tubuh. Tidak mens berarti tidak ada endometrium yang lepas. Jadi bukan berarti ada darah yang mengumpul. Darah baru keluar jika selaput lendirnya lepas. Jika tidak lepas, ya tidak berdarah. Jadi jangan khawatir.

Lantas apa saja yang menyebabkan mens telat? Penyebabnya bisa bermacam-macam. Bagi yang masih belum menikah, penyebabnya bisa karena terlalu lelah. Contohnya, belajar terlalu keras bagi yang masih sekolah atau kuliah, atau berolahraga kelewat berat. Sebaliknya bisa juga terjadi pada mereka yang biasa berolahraga dan menghentikan kebiasaannya secara tiba-tiba. Pola makan pun bisa mempengaruhi siklus haid. Misalnya, mereka yang biasa makan banyak dan mendadak diet. Ini akan membuat tubuh stres. Atau bisa jadi badan kurus jadi gemuk. Pokoknya, tiap ada perubahan berat badan mencolok.

Jenis-jenis obat tertentu juga bisa mengusik pola haid, terutama obat-obatan yang mengandung hormon. Contohnya,obat untuk mengatasi gatal-gatal atau obat sakit telinga. Begitu pula obat-obatan KB atau suntik KB. Baru setelah berhenti minum obat, haid akan kembali lancar. Keterlambatan haid lebih sering dialami mereka yang masih gadis, karena pola okulasinya belum teratur. Hanya saja, kalau sudah terbiasa haid kemudian haidnya tidak ada, harus bertanya pada diri sendiri. Jangan-jangan pernah minum obat tertentu.

10 comments:

rizqi_tyas said...

Yth dok.
Sy ingin bertanya mengenai masa haid yang tidak teratur. Sy tidak haid kira-kira hampir 3 bulan kemudian pernah keluar bercak darah (sedikt) seperti akan haid tetapi kemudian besoknya tidak ada lagi. kira-kira itu kenapa ya dok?dan solusinya sebaiknya gmn ya?
thx

Deka said...

Maaf dok saya ingin bertanya..
Saya wanita yang sudah menikah selama hampir 1 tahun dan dari pertama saya berhubungan siklus haid saya berubah. darah haid saya hanya keluar selama 2 hari saja setiap bulan nya..
apakah ini normal ???
Apakah ini dapat menghambat kehamilan saya ??? padahal saya baru berusia 23 tahun..
thx

adindasrikandi said...

siang dok jika ingin bertanya pertanyannya dikirim ke mana ya? Please Reply. makasih dok

Anonymous said...

siang dok saya ingin bertanya 2 bulan terakhit ini saya haid dok tapi haid saya tidak banyak hanyak keluar sedikit-sedikit bahkan terkadang tidak ada sama sekali memang 2 bulan terakhir saya banyak melakukan olahraga.olahraga saya lakukan 4 kali seminggu dan saya sering menari porsi makan saya juga saya kurangi karna ingin menurunkan berat badan.apa itu yang mempengaruhi menstruasi saya menjadi sedikit dok??apa dengan menstruasi yang sedikit bisa mengakibatkan saya susah hamil pada nantinya??terima kasih dok

Unknown said...

Yth. dok
Saya juga ada permasalaha dengan masa haid yg tdk teratur. Dan ini sdh bulan ke 4 mensnya tidak tepat wamtu. Bahkan bulan ke 3 kemaren saya dua kali. Saya jadi tidak bisa teratur sholatnya, saat pagi saya pikir sudah bersih, trs siang2 tiba2 keluar lagi. tapi malam hilang lagi. Begitu trs, baru diminggu kedua mulai kelua banyak. Di bulan puasa ini daya sduah tidak bisa puasa sampai hari ke 12 ini baru satu kali saya puasa. itupun malamnya langsung keluar. pagi hilang siangnya langsung banyak. Ada pengaruh gak terhadap salah satu penyebab kista atau mioum? soalnya ada temen yg mengidap itu masa menstruasinya jg seperti saya. Tolong balasannya ya dok. terima kasih.

Anonymous said...

yth dokter di tempat
dok saya mau bertanya masa haid saya selama ini memang tidak teratur,bahkan bulan ini pun saya blum haid.padahal biasanya saya haid mundur 5 hri.tapi saya sudah merasakan nyeri di payudara dan perut selama seminggu terakhir bahkan saya sudah minum obat pelancar haid tp samapi skrng blom keluar juga.saya mohon dokter kasih solusi buat saya biar saya lebih tenang.terima kasih bnyk dokter sebelumnya.salam decia

Unknown said...

Yth dokter
di tempat

dok kenapa ya saya seering telat datang bulan waktu itu saya pernah telat sampai 2 bulan tapi saya tes ternyata hasil tesnya negatif dan sekarang juga saya telat dtg bulan sudah 12 hari saya takut mau tesnya dok takut kecewa lagi,itu kenapa ya dok saya telat dtg bulannya begitu lama?

Unknown said...

pagi dok, saya juga mau tanya. Saya mau tanya, kalau obat untuk memperlancar tekanan darah atau obat untuk radang bisa mempengaruhi sikuls hadi tidak ? Tapi konsumsi obat-obatan tersebut sudah dihentikan sekitar 3 minggu yang lalu. Saya sampai sekarang belum jug haid. Mohon penjelasannya. terimakasih

Unknown said...

dok,saya kenapa ya kok kalau menstruasi selalu telat,kalu nggak 2 bulan ya 3 bulan sekali. saya mulai mens itu SMA kelas 1 dok. kenapa ya dok?

Anonymous said...

Setidaknya terdapat 10 faktor lain yang mempengaruhi siklus menstruasi wanita dan menyebabkan tamu bulanan tersebut telat datang, diantaranya:
Stres
Stres akan mempengaruhi banyak hal dalam hidup termasuk siklus menstruasi. Ketika sedang dalam tekanan, tubuh akan mengurangi produksi hormon GnRH yang menyebabkan tubuh wanita tidak berovulasi atau tidak haid. Setelah masalah selesai atau mendapat bantuan dari dokter, haid umumnya bisa normal kembali.
Sakit
Sakit yang diderita dalam jangka waktu yang lama juga bisa membuat haid telat datang. Biasanya hal seperti ini bersifat sementara, setelah sakit sembuh maka datang bulan akan normal kembali.
Perubahan pola hidup
Perubahan jadwal hidup akan mempengaruhi bagaimana tubuh bekerja. Hal ini umumnya terjadi pada karyawan yang sering mengalami perpindahan jam kerja siang ke malam dan sebaliknya. Faktor ini menyebabkan tamu bulanan menjadi tidak teratur atau telat datang setiap bulan.
Konsumsi Obat
Mengkonsumsi obat baru atau sedang dalam pengobatan akan mempengaruhi siklus bulanan wanita. Contoh obat yang dapat memperlambat haid datang adalah obat sakit telinga dan obat gatal-gatal.
Kegemukan
Terlalu gemuk menyebabkan hormon mengubah siklus menstruasi atau bahkan menghentikannya secara total. Kebanyakan wanita kembali mengalami siklus menstruasi yang normal setelah berat badannya turun.
Terlalu kurus
Kebalikan dengan kegemukan, terlalu kurus juga menyebabkan seorang wanita mengalami siklus haid yang tidak teratur dan juga dapat menyebabkan haid berhenti sama sekali.
Salah hitung
Normalnya panjang satu siklus menstruasi wanita adalah 28 hari, tapi ini bukan paten pada semua wanita. Siklus menstruasi berbeda pada setiap wanita. Terkadang ada yang menyebut haidnya terlambat datang padahal yang benar adalah salah hitung. Penyebabnya karena siklus menstruasi kadang datang tidak teratur setiap bulannya.
Pra Menopause
Kondisi ini adalah saat transisi antara usia produktif ke usia non produktif. Pada saat ini, menstruasi menjadi tidak teratur, kadang banyak, kadang sedikit, kadang juga lama atau pendek.
Menopause
Menopause adalah sebuah masa dalam hidup wanita dimana ovulasi tidak akan terjadi lagi. Ini adalah kondisi alami tubuh wanita tapi bisa juga disebabkan oleh faktor lain seperti efek dari operasi dan kemoterapi.
Hamil
Ya, haid yang telat datang adalah salah satu ciri wanita sedang hamil. Untuk memastikan kehamilan tersebut perlu dilakukan tes, bisa menggunakan testpack atau USG ke dokter kandungan.

Setelah mengetahui kondisi anda dan tahu mengapa haid anda telat datang maka anda bisa melakukan usaha-usaha agar kondisi anda kembali normal. Tapi jika setelah melakukan testpack, dan anda positif hamil maka yang perlu dilakukan adalah mengunjungi dokter untuk memeriksakan kandungan anda.