Pages

Saturday, August 20, 2011

TENSI 90/60 TAPI HB TINGGI (17,7)

saya biasa donor rutin. tapi 8 bulan terakhir sy tidak pernah donor (karena kesibukan). tiga minggu terakhir saya cek tensi saya selalu 90/60. saya memang sering merasakan sedikit pusing. saya pikir karena kecapean.
kemarin saya mencoba mau donor. tapi pas dicek HB-nya terlalu tinggi (17,7), sementara max bisa donor 17.

Apa yg terjadi dlm tubuh saya? apa betul karena lama gak donor jadi ada perubahan mekanisme (darah) didalam tubuh saya?
apa yg harus saya lakukan agar semua bisa normal?

Jawab :

Bila melihat dari nilai Hb anda sebetulnya masih dalam batas normal (untuk pria nilai Hb normal : 14-18 g/dl). Berapakah biasanya Hb anda?
Usia dari eritrosit (sel darah merah) adalah 120 hari (kira-kira 3 bulan). Setelah 120 hari, eritrosit2 tsb dipecah dan bahan2 hasil pecahan tsb digunakan kembali untuk membentuk eritrosit2 yang baru. Oleh sebab itu biasanya untuk donor minimal 3 bulan sekali. Dikarenakan anda rutin mendonorkan darah anda, mungkin sekali terjadi peningkatan Hb karena terbentuknya eritrosit2 yang baru dengan bahan2 yang baru pula. Coba saja ditunda dulu keinginan donor anda dalam beberapa bulan (1-2 bulan) dan kemudian dicek kembali kondisi Hb anda.
Mengenai TD, berapakah biasanya TD anda? Biasanya bila TD menurun dapat dikarenakan beberapa hal, misalnya kecapean. Bagaimanakah aktivitas anda akhir2 ini dan kapankah anda mengukur TD? Biasanya TD di pagi hari lebih rendah dibandingkan siang hari. Coba untuk mengatur pola hidup anda dengan cukup istirahat, asupan makan yang bergizi dan olahraga yang teratur terlebih dahulu.
Apabila semua sudah dilakukan dan tidak ada perubahan sama sekali, anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter supaya dapat dicari penyebabnya dan mendapatkan penangan yang tepat.

Seseorang yang mendonorkan darahnya secara rutin biasanya Hb nya tidak tinggi... Dan menurut saya andapun tidak terlalu tinggi, mudah-mudahan dengan banyak minum air putih Hb anda akan kembali normal lagi.... Oh ya soal olahraga, sebaiknya anda menyempatkan diri anda, pada hari libur bisa saja kok.... Sekian dari saya dan terima kasih.

dr. Susy

1 comment:

arif said...

kpd.yth dokter ditempat
please dok di jawab dok
saya punya pacar dan hubungan kita udah serius dok.begini biasanya tiap bulan dia hampir selalu telat untuk menstruasi,nah bulan ini dia udah sebulan dok telat padahl saya dan dia belum pernah melakukan hubungan yang diharamkan oleh agama kita ,saya kasian melihat dia dok tolong jwab,dia juga suka banget makann pedas apa itu juga yang mempengfaruhi,
thanks sebelomnya