Pages

Monday, November 7, 2011

Pemuda Jangkung yang Kelewat Kurus

Saya mempunyai berat badan yang tidak ideal, dengan tinggi 170 Cm, berat badan saya hanya 50 Kg. Apakah ada masalah dengan saluran pencernaan saya. Kalau memang benar bagimana cara memperbaikinya. Padahal saya sudah hampir mendekati kondisi sempurna asupan makan 4 sehat 5 sempurna. Apakah faktor genetika juga mempengauhi dalam masalah tersebut? Terimakasih.

Aris Novianto (Pria Lajang, 18 Tahun), sandicoXXXXXX@gmail.com
Tinggi Badan 170 Cm dan Berat Badan 50 Kg

Jawaban

Aris, saya kagum terhadap Anda yang berusaha memenuhi asupan makanan 4 sehat 5 sempurna.

Panduan umum untuk menaikkan berat badan adalah:
1. Makan 5-6 kali sehari
Menu setiap hari: 3 makan besar seperti sarapan, makan siang dan makan malam ditambah 2-3 kali cemilan.
Usahakan untuk memberi jarak 2-3 jam antar makan untuk memberikan waktu mengolah makanan.

2. Makan makanan yang mempunyai banyak energi seperti susu full krim dan produk olahannya, daging, ikan, telur, kacang-kacangan dan alpukat.
Jangan ragu untuk memasukkan protein (susu,telur, ikan dan daging) ke dalam setiap makanan Anda karena Anda memerlukannya untuk menambah berat badan dan massa otot.

Saya juga menganjurkan Anda untuk memulai berolahraga ringan (jika Anda belum melakukannya) agar energi yang Anda konsumsi tidak hanya disimpan sebagai lemak tetapi juga sebagai otot. Juga jangan lupa untuk beristirahat yang cukup dan jangan stress karena stress memakan energi.

Mengenai masalah dengan sistem pencernaan (gastrointestinal) tidak dapat saya jelaskan di sini karena kurangnya detail yang Anda berikan akan tetapi hal tersebut memang dapat mempengaruhi penyerapan nutrisi. Begitu pula dengan faktor genetik yang bisa membuat Anda langsing alami. Selamat mencoba.

Leona Victoria Djajadi MND

No comments: