Pages

Monday, February 20, 2012

Perianal Abses Kambuh Lagi

Dokter saya menderita penyakit Perianal Abses (abses atau bisul di seputar anus) yang sudah lama derita sejak tahun 2004. Di tahun 2005 pernah dioperasi tetapi tetap sering kambuh sampai sekarang dengan frekuensi kurang lebih 1,5 bulan dan selama ini kalau ke dokter diberi antibiotik dengan berbagai macam merek. Pertanyaan saya adakah obat yang paling tepat tanpa melalui operasi kembali? Terimakasih atas perhatian dan tanggapannya.

Ardi, (Pria Lajang, 31 Tahun) sunardi@kXXXX.com
Tinggi Badan 165 Cm dan Berat Badan 60 Kg

Jawaban

Perianal abses yang seringkali kambuh sejak 2004 tak akan sembuh tanpa operasi yang baik. Perianal disebabkan infeksi kelenjar anal dalam anus (ada beberapa kelenjar anal) yang tersumbat dan akhirnya menjadi abses. Abses ini mencari jalan keluar dan pecah atau dipecahkan dengan sayatan agar nanah (pus) keluar. Rasa sakit pun berkurang sehingga seolah-olah telah sembuh.

Abses kambuh ketika luka bekas sayatan kembali menutup ataupun ketika abses mencari jalan lain untuk keluar. Sebenarnya saat pus keluar terjadi hubungan antara kelenjar anal yang sakit dan kulit sekitar anus (perianal fistula). Fistula pada kulit dapat menjadi beberapa buah walaupun kelenjar anal yang sakit hanya satu.

Tujuan operasi adalah menghilangkan kelenjar anal yang sakit dan menyembuhkan luka secara alami. Antibiotika tak akan menyembuhkan selama kelenjar yang sakit tidak diangkat. Selain itu, perianal abses bisa sering kambuh tanpa operasi yang baik. Sebaiknya Anda menemui spesialis bedah untuk mendapatkan penjelasan operasi dan penyembuhannya.

Dr. Hermansyur Kartowisastro, SpB-KBD

No comments: