Monday, March 26, 2012

Adakah Hubungan Nyeri Pinggang dan Badan Panas?

Dokter suami saya sering sekali sakit dan nyeri di pinggang. Badannya agak panas, tensi darahnya rendah yaitu 69/103, detak jantungnya pun lemah hanya 68/detik. Dari gejala-gejala tersebut suami saya mengidap penyakit apa ya Dok? Dan obat apa yang cocok untuk diberikan kepada suami saya? Terimakasih.

Yulia (Perempuan Menikah, 26 Tahun), lia_web@yahoo.com
Tinggi Badan 165 Cm dan Berat Badan 55 kg


Jawaban


Yulia, kelihatannya dari gejala yang dipaparkan mengenai kondisi suami, yaitu ada nyeri pinggang, panas, tendi darah yang rendah dan denyut nadi lambat kelihatannya tidak mengarah pada nyeri pinggang karena gangguan otot.

Dari keluhan ini masih banyak kemungkinan diagnosanya, antara lain:
1. Radang pada ginjal dan saluran kemih akibat infeksi, batu ginjal. Pada kondisi ini biasanya pasien juga ada keluhan gangguan berkemih, anyang-anyangan atau ada darah pada urinenya.

2. Abses dan perdangan pada organ perut
3. Radang pada tulang belakang
4. Ankylosing spondilitis dll

Sebaiknya Yulia segera memeriksakan suaminya ke RS untuk lebih lanjut agar bisa mengetahui asal nyeri pinggang dan demam tersebut.

Dokter akan memberikan pertanyaan dan melakukan pemeriksaan fisik dan jika diperlukan akan disertai pemeriksaan penunjang seperti X-ray, USG dan lainnya sesuai hasil yang ditemukan saat pemeriksaan fisik.

Dr. Fanny Aliwarga, SpRM

No comments: