Pages

Tuesday, June 26, 2012

Apakah Efek dari Banyak Pikiran?

Dok, akhir-akhir ini saya punya banyak masalah akibatnya saya merasa sering pusing. Yang ingin saya tanyakan apakah pengaruhnya bila saya memikirkan masalah tersebut secara terus menerus. Gangguan kesehatan apa saja yg biasanya terjadi? Terimakasih.

Renata (Perempuan Lajang, 19 Tahun), i_feXX@yahoo.com
Tinggi Badan 157 Cm dan Berat Badan 38 Kg

Jawaban

Renata, kalau kita punya masalah dan memikirkannya terus, jadinya memang pusing. Kalau sering pusing, pasti mempengaruhi kesehatan kita. Biasanya yang sering terjadi kalau sedang stres atau punya banyak masalah adalah sakit maag, karena asam lambung jadi meningkat.

Lalu dapat terjadi 'tension headache' yang membuat orang merasa tegang dan sakit kepala seperti diikat kepalanya. Dapat juga timbul gangguan tidur, gangguan makan, sulit konsentrasi, dan semuanya pasti akan mengganggu kesehatan dan pekerjaan kita.

Sebaiknya segera pecahkan masalah-masalah tersebut agar tidak mengganggu fisik dan psikis secara terus menerus. Jika tak mampu memecahkan masalah itu sendiri, cobalah berbagi dengan orang yang Anda percaya yang bisa membantu solusinya sehingga berkurang beban di pikiran dan Anda terhindar dari stres yang berkepanjangan.

Dr. Elly Ingkiriwang, SpKJ

No comments: