Pages

Tuesday, July 17, 2012

Ada Tonjolan Daging di Alat Kelamin

Dok, saya punya masalah dengan alat kelamin. Saya mempunyai seperti kelebihan daging di alat kelamin dekat dengan klitoris. Sebenarnya tahun lalu sudah pernah saya konsultasikan dengan dokter di perusahaan tetapi katanya tidak masalah dan setiap wanita mempunyai bentuk alat kelamin yang berbeda-beda. Tapi saya agak takut juga dok, apalagi saya belum menikah. Rasanya biasa saja tidak gatal atau perih. Mohon informasinya dok, apakah saya harus periksakan lagi? Terimakasih.

Kawaii (Perempuan Lajang, 30 Tahun), greenXXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 159 Cm dan Berat Badan 52 Kg

Jawaban

Dari penjelasan Anda, kemungkinan besar yang menjadi permasalahan Anda adalah bentuk dari bibir kecil kemaluan. Bibir kecil ini lazim disebut sebagai labia minora. Bentuk labia minora pada tiap perempuan memang bisa berbeda-beda. Ada yang bentuknya kecil dan tipis, namun ada pula yang bentuknya lebar dan tebal, sehingga memberikan gambaran 'bergelambir'. Namun sebenarnya semuanya adalah variasi normal.

Karena merupakan variasi bentuk, maka tidak akan menimbulkan keluhan subyektif misalnya gatal atau pedih. Biasanya keadaan ini sudah terjadi sejak masa akil balik atau pubertas, jadi bukan terjadi baru-baru ini saja. Sebaiknya Anda tak perlu cemas dnegan keadaan ini, tapi bila Anda masih ragu sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat.

dr. Susie Rendra, SpKK

No comments: