Pages

Tuesday, July 24, 2012

Jalan Miring Karena Keseimbangan Melemah, Tanda Sakit Apa?

Kenapa keseimbangan berjalan saya kian melemah? Saya merasakan susah berjalan "miring-miring". Gejala ini tidak tahu persis kapan mulainya, yang saya tahu kondisi ini lama-lama bertambah parah. Kondisi ini hampir sama dengan kondisi kakak saya (perempuan). Lalu saya pernah baca buku, katanya ini termasuk penyakit degeneratif yang tidak ada obatnya. Apa betul demikian?

Nurul R (Pria Menikah, 42 Tahun), disamakxxx@yahoo.co.id
Tinggi Badan 160 Cm dan Berat Badan 158 Kg

Jawaban :

Mas Nurul yang baik, terima kasih atas pertanyaannya. Membaca masalah penyakit Anda, tampaknya memang harus kita lakukan pemeriksaan lebih teliti, dengan alat pemeriksaan yang detail spt MRI kepala, EMG, cerebral DSA, neuro-otologi dan dilakukan sebaiknya sesegera mungkin.

Ada baiknya Anda jangan cepat berasumsi tentang penyakit-penyakit degeneratif, lebih baik kita periksa dahulu. Masih banyak kemungkinannya seperti gangguan keseimbangan, vertebrobasilar insufficiency, penyakit degeneratif dan kondisi kondisi lainnya.

Memang saya setuju, kondisi yang Anda alami ditambah usia Anda yang relatif belum lanjut. Kondisi seperti yang Anda rasakan tidaklah lazim, untuk itu segeralah temui dokter spesialis saraf yang terdekat dari rumah Anda. Lebih baik lagi bila Anda mengunjungi rumah sakit rumah sakit di mana peralatannya pemeriksaan penunjangnya cukup lengkap sehingga pemeriksaan pemeriksaan di atas dapat dilakukan secara berkesinambungan tanpa jeda waktu yang panjang.

Semoga jawaban saya dapat memacu Anda untuk lebih perhatian dalam usaha menemukan masalah kesehatan Anda saat ini, terima kasih.

Dr. Fritz Sumantri Usman Sr,SpS, FINS

No comments: