Pages

Monday, July 16, 2012

Mau Nikah Tapi Takut Tulari Istri Karena Punya Hepatitis

Dok, pada bulan Oktober 2011 lalu cek darah HbsAG saya positif. Saya kerja dan kuliah, padahal rencana saya 2 tahun ke depan saya mau nikah saya takut menulari istri saya. Apa yang saya rasakan sekarang badan terasa gampang capek, demam, lidah terasa pahit dan sering mau muntah, mata agak kuning tapi kulit tidak.

Apakah bisa HbsAG jadi negatif, lalu bagaimana caranya? Sebab terus terang saya takut dok. Tolong identitasku jangan dipublikasikan dok. Terimakasih.

Mr.M (Pria Lajang, 30 tahun), amhadxxx@rocketmail.com
Tinggi Badan 168 cm dan Berat Badan 70 kg

Jawaban

Gejala hepatitis B sangat bervariasi dari tanpa gejala sampai gejala berat seperti muntah darah dan koma. Pada hepatitis akut gejala seperti demam ringan, mual, lemas, hilang nafsu makan, mata jadi kuning, kencing bewarna gelap, diare, dan nyeri otot. Sebagian kecil dapat menjadi berat dan fulminan yang mengakibatkan kematian.

Infeksi hepatitis B pada orang dewasa, 95% kasus akan sembuh dengan sempurna, ditandai dengan mengilangnya HbsAg dan timbulnya anti HBS.

Infeksi kronis ditandai dengan persisten HBsAg dan antiHBc (menetap) dan serum HBV DNA dapat terditeksi lebih dari 6 bulan.

Hepatitis akut dapat sembuh sempurna pada 90% kasus. Sedangkan pada hepatitis kronis prognosis untuk hilangnya virus amatsukar, meskipun demikian replikasi virus dapat dikontrol dengan pengobatan antivirus sehingga kemungkinan untuk menjadi sirosis dan kanker hati dapat dikurangi.

Untuk pencegahan penularan kepada pasangan hidup sebaiknya calon istri diperiksa terlebih dahulu HBsAg dan antiHBS.

Bila HBsAg negatif dan belum terdapat anti HBS sebaiknya diberikan imunisasi hepatitis B sebelum nikah.

Untuk pengobatan lebih lanjut sebaiknya hubungi dokter. Dokter akan memeriksa lebih lanjut melalui wawancara, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan darah serta USG abdomen (perut) untuk menentukan pengobatan lanjutan.


Dr. Kamsi Rachmawati, Sp.PD

No comments: