Saturday, July 14, 2012

Cemas Berlebihan Saat Naik Pesawat, Harus Bagaimana?

Dok, saya selalu merasa cemas yang berlebihan baik itu ketika naik pesawat, ketika sedang ada masalah dan ketika bepergian jauh, hingga kadang membuat jantung saya berdebar tiba-tiba, mual atau muntah, sering buang air kecil, keringat dingin dan lain-lain. Bagaimana yah dok cara mengatasinya? Apakah ini fobia? Apa saya harus bertemu dan berobat di psikiater? Terimakasih

Indra (Laki-laki Menikah, 32 Tahun), azisXXXXX@yahoo.id,
Tinggi Badan 165 Cm, Berat Badan 85 Kg

Jawaban

Dear mas Indra,

Istilah fobia biasa kita gunakan untuk rasa ketakutan yang berlebihan, kadang tidak masuk akal terhadap suatu keadaan tertentu. Berbeda dengan fobia, cemas biasanya tidak spesifik, tetapi menyangkut banyak keadaan dan berlangsung lebih lama.

Apabila kita cemas, maka akan mempengaruhi saraf-saraf yang lain, sehingga jantung jadi berdebar-debar, mual, sering buang air kecil, keringatan, mulut kering, nafas tidak lega, dll.

Untuk mengurangi cemas, kita dapat belajar bagaimana mengurangi stress dengan stress manajemen, relaksasi, meditasi, hypnosis. Kalau keadaan mas Indra sudah mengganggu kegiatan sehari-hari seperti pekerjaan dan hubungan sosial, itu berarti sudah perlu berobat ke psikiater.

Dr. Elly Ingkiriwang, SpKJ

No comments: