Pages

Tuesday, September 11, 2012

Dampak Preeklamsia Pada Kehamilan Kedua

Dokter saya mau tanya, kelahiran anak pertama saya prematur pada minggu ke-36 caesar dikarenakan saya terkena preeklamsia (naiknya tekanan darah saat hamil di atas batas normal). Apakah untuk kehamilan berikutnya ada kemungkinan saya terkena preeklamsia lagi? Apa sebenarnya yang menyebabkan seorang ibu hamil terkena preeklamsia? Bagaimana cara mencegahnya? Mohon jawabannya.
Terimakasih dokter.

Rini Wijayanti (Perempuan Menikah, 27 Tahun), rini_guritno@yahoo.ci.id
Tinggi Badan 155 cm dan Berat Badan 50 kg


Jawaban

Kemungkinan Ibu akan mengalami Preeklamsia kembali 10-15 persen. Bila pada masa kehamilan kedua Ibu mengalami hipertensi, maka kemungkinan mengalami Preeklamsia naik menjadi 30 persen.

Preeklamsia disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya terjadi karena kerusakan sistem endotel kapiler pembuluh darah karena gangguan implantasi pada plasenta.

Hal ini sulit dihindari namun dapat diantisipasi dengan pemeriksaan kehamilan secara teratur dan waspada terhadap kenaikan tekanan darah. Pesan saya Ibu harus lebih berhati-hati menjaga kehamilan terutama trimester ke 2 dan 3.

dr.Dhely Lesthama.SpOG

No comments: