Saturday, September 22, 2012

Indung Telur Bocor dan Hamil di Luar Kandungan

Dok, indung telur saya yang sebelah kanan baru dioperasi karena kata dokter yang mengoperasi, indung telur saya bocor padahal masih dalam proses pembuahan, ditakutkan nanti hamil di luar kandungan. Sebenarnya hamil di luar kandungan itu apa? Terimakasih.

Maya (Perempuan Menikah, 23 Tahun), Mayaandyusuf@yahoo.com
Tinggi badan 155 cm dan Berat badan 45 kg


Jawaban

Kehamilan di luar kandungan adalah kehamilan yang terjadi di luar rongga rahim, bisa terjadi di saluran indung telur bahkan sampai di dalam rongga perut. Hal ini tentunya tidak boleh terjadi dan harus segera diakhiri.

Sedangkan kehamilan yang normal adalah pertemuan antara sel telur dan sperma yang terjadi di saluran telur yang setelah pembuahan terjadi seharusnya berjalan menuju rongga rahim.

Ciri hamil di luar kandungan baru terlihat ketika:

  1. Keluhan rasa nyeri yang hebat di perut bawah
  2. Terjadi perdarahan dari vagina atau ada bercak-bercak perdarahan, sementara pada hamil normal perdarahan yang terjadi hanya flek-flek sedikit.
  3. Gejala tersebut terasa karena dinding di saluran telur pecah, tapi jika belum pecah satu-satunya cara untuk memastikan hamil di luar kandungan adalah pemeriksaan USG.

Penyebab hamil di luar kandungan adalah:
  1. Adanya infeksi di daerah sekitar panggul
  2. Adanya kerusakan di saluran telur yang membuat embrio tidak bisa menuju ke rahim.
  3. Pada beberapa kasus kemungkinan disebabkan adanya kesalahan salah satu jenis hormon pengaturan yang berperan dalam hal ini sehingga membuat perjalanan hasil pembuahan menjadi tidak lancar.

dr.Dhely Lesthama.SpOG

No comments: