Pages

Friday, September 28, 2012

Kepala Nyeri Saat Lihat Kilatan Cahaya

Dok, saya pernah mengalami sakit kepala yang hebat berawal dari seperti kilatan di mata lalu pandangan berkunang-kunang sampai banyak. Saya periksakan ke dokter mata tidak ada penyakit khusus. Tetapi saya memang minus 2,5.

Saya juga tidak kuat jika melihat lampu kendaraan atau siang yang terang (mata jadi berkunang-kunang) oleh dokter dianjurkan ke ahli saraf. Adakah solusi atau saran dokter? Terimakasih.

Brigitta (Perempuan Menikah, 28 Tahun), brigitXX_XXXX@yahoo.co.id
Tinggi Badan 154 Cm dan Berat Badan 45 Kg

Jawaban

Nyeri kepala sebelah yang didahului oleh gangguan pengelihatan (misalnya melihat kilatan cahaya, melihat garis zig-zag, atau bintik buta/skotoma) kemungkinan adalah nyeri kepala migren dengan aura. Konsultasi dengan dokter spesialis mata diperlukan untuk menyingkirkan kelainan pada retina.

Nyeri kepala migren pengobatannya secara umum terbagi 2 yaitu pengobatan abortif untuk segera menghilangkan nyeri kepala, dan profilaksis untuk mengurangi frekwensi migren. Karena dari dokter spesialis mata Anda tidak dijumpai kelainan, saya sarankan anda berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf untuk evaluasi migren, agar dapat diberikan pengobatan yang sesuai.

Dr. Michael Setyawan SpS

No comments: