Thursday, November 29, 2012

Kena Kencing Nanah, Harus Bagaimana?

Selamat sore dok. Kemarin saya habis check up di klinik. Saya menyampaikan keluhan tentang keputihan saya yang rasa-rasanya sudah tidak normal, kemudian saya di sarankan untuk melakukan tes sekret vagina.

Hasilnya:

batang gram positif -

coccus gram negatif +

coccus gram positif -

lekosit 0-1/Lpi

Epitel 2-5/Lpi

batang gram negatif ++++

dan di temukan bakteri diplococcus gram negatif menyerupai biji kopi ekstraseluler dan intraseluler. Menurut dokter tersebut saya terkena sipilis atau kencing nanah. Benarkah begitu dok? Lalu saya mesti bagaimana? Saya sudah hampir putus asa.

Eka (Perempuan Lajang, 24 tahun), ekaXXXX@yahoo.com,
Tinggi Badan 160 cm, Berat Badan 42 kg

Jawaban

Berdasarkan hasil pemeriksaan sekret vagina yang dilakukan, kemungkinan besar mengalami infeksi menular seksual gonore atau kencing nanah. Jadi bukan sifilis atau penyakit raja singa.

Penyakit gonore, disebabkan oleh kuman Neisseria gonorrhoeae. Penyakit ini sebenarnya merupakan penyakit menular seksual yang sering ditemukan. Penyakit ini terutama ditularkan melalui hubungan seksual dengan pasangan yang sudah terinfeksi sebelumnya. Sayangnya gonore pada perempuan seringkali tidak memberikan gejala klinis yang nyata. Akibatnya pasien perempuan kerapkali tak mendapatkan terapi yang memadai, sehingga berpotensi menularkan.

Mengapa mesti putus asa? Tentu cara yang paling bijaksana adalah berobat kepada seorang dokter kulit dan kelamin agar anda mendapatkan terapi yang tepat. Kadang diperlukan pula pemeriksaan biakan untuk mengetahui obat antibiotik yang paling ampuh.

dr. Susie Rendra, SpKK

4 comments:

Anonymous said...

apa antibiotik untuk penyakit ini? Dan apa obatnya bisa di dapatkan d apotik biasa?

Anonymous said...

dok saya mau nanya nih , saya perempuan usia saya 16 th, kan gini dari saya sd sampai sekarang itu kaki sama tangan saya itu banyak bekas koreng , paling banyak itu di kaki , korengnya itu gara gara gigitan nyamuk,terus karen gatal saya garuk garuk eh jadi luka , trus jadi koreng. cara agar bekasnya hilang pakenya apa dok ? tolong di bantu ya dok , trima kasih :)

Anonymous said...

Dok, knp gonore tdk bs d obati sya udh brobat 3x d ksh obat trus yg trakhir d suntik antibiotik tp ga jg sembuh klo kencing msh sakit n trasa gatal d saluran kencing sya p'nah mlkukan sex skli tu dok.
Makasih dok

Anonymous said...

Dok,sy menikah sdh hmpr 1 thn tp pasangan bru terkena GO,setelah tau psngan terkna GO sy langsung tes darah dan urin hsl nya normal sy tes setelah beberapa hari mnm antibiotik,apakah wanita yg terkena GO tdk lgsg menularkan pada pasangangan dan kmudian setelah beberapa bln berhubungan bru pasangan tertular,pdhl setelah menikah sy setia pada pasangan.mohon di jawab dok,terima kasih dok