Pages

Tuesday, October 22, 2013

Bagaimana Agar Kakak Bisa Menerima Kehadiran Adik Bayi?

Halo Mbak, perkenalkan saya ibu satu anak laki-laki umurnya 15 tahun. Nah, kebetulan saat ini saya sedang mengandung anak kedua saya. Mungkin karena anak pertama saya ini terlalu lama jadi anak tunggal, dia sampai sekarang belum bisa menerima kehadiran adiknya, gimana cara memberi dia pengertian ya mbak?

Rani (Perempuan menikah, 37 tahun)
rani_XXXXX@yahoo.co.id
Tinggi badan 165 cm, berat badan 48 kg

Jawaban

Halo Ibu Rani,

Pertama-tama saya ingin mengucapkan selamat atas kehamilan Ibu dan semoga lancar hingga proses persalinan. Mempersiapkan kakak untuk memiliki adik memang tidak mudah, terlebih lagi ketika jarak kelahiran terlalu jauh. Mengingat kakak sudah masuk usia remaja, maka diskusikan secara baik-baik dan coba identifikasi apa yang membuat kakak tidak menerima adik. Setelah diketahui penyebabnya maka coba untuk mencari win win solution dan meyakinkan kakak bahwa adik bukan sebuat musibah ketika dimiliki.

Proses diskusi tentunya harus berlangsung dalam situasi yang santai dan tidak memicu konflik. Jika memang tidak ditemukan solusinya, coba kunjungi psikolog untuk membantu Ibu dalam mengidentifikasi hal yang dirasakan kakak dan mencoba menjelaskan kepada kakak.

Semoga berhasil.

Ratih Zulhaqqi, M.Psi

No comments: