Monday, April 21, 2014

Mengatasi Anak yang Suka Membenturkan Kepala dan Menggigit Saat Marah

Anak saya sekarang umur 2 tahun 4 bulan, kalau marah suka membenturkan kepala dan sudah 2 bulan terakhir sering menggigit. Bagaimana cara mengatasinya?

Samlia (Perempuan menikah, 30 tahun)
liasamXXXX@yahoo.co.id
Tinggi badan 160 cm, berat badan 48 kg

Jawaban

Halo Ibu Samlia, memiliki anak yang sedang dalam periode tantrum memang tidak mudah dan seringkali membuat bingung. Apa yang dilakukan anak Ibu adalah sebuah proses dalam berespons terhadap situasi yang tidak nyaman baginya. Orangtua dapat memberikan kesempatan ia untuk menangis dan mengeluarkan emosinya, namun ketika ia sudah mulai melakukan tindakan yang meyakiti diri sendiri serta orang lain maka Ibu dapat menahannya dengan cara melakukan bear hug. Pelukan jenis bear hug adalah memeluk semua bagian tubuh anak termasuk kaki dan kemudian dilakukan gerakan pelukan yang menekan ketika tangisannya keras dan ketika tangisannya reda pelukannya juga reda (bukan dilepas).

Selain pelukan tersebut dapat juga dilakukan pengalihan situasi, misalnya ketika ia mulai menggigit kita bisa mengajaknya untuk menggigit makanan atau bermain hal lain dan menciptakan suasana yang menyenangkan sehingga ia tidak terfokus pada amarahnya.

Selamat mencoba.

Ratih Zulhaqqi, M.Psi

No comments: