Monday, April 28, 2014

Tepatkah Mengajari Anak 4,5 Tahun Membuat Susu Sendiri?

Halo mbak Ratih, aku punya anak umur 5 tahun. Karena tiap malam dia masih suka minum susu, akhirnya dari umur 4,5 tahun sudah aku ajari bikin susu sendiri, termasuk menuangkan air panas. Tepatkah yang saya lakukan? Sebenarnya kapan sih kita bisa ajari anak membuat susu sendiri termasuk menuangkan air panasnya?

Liana (Perempuan menikah, 29 tahun)
MeilianaXXXX@gmail.com
Tinggi badan 160 cm, berat badan 57 kg

Jawaban

Halo Ibu Liana,

Orang tua memang perlu untuk menanamkan kemandirian pada anak sedini mungkin dengan cara mengajak mereka untuk belajar mengerjakan sendiri apa yang sudah bisa dilakukan. Dalam hal yang terkait dengan cara Ibu melatih kemandirian Ananda untuk membuat susu sendiri, tindakan tersebut pada dasarnya wajar-wajar saja. Hanya ada hal yang perlu diperhatikan yaitu kemampuan anak dalam menghindari dan mengetahui kondisi bahaya.

Lakukan pemantauan secara konsisten dan mengajari anak step by step agar semakin berkembang kemandiriannya. Untuk menuangkan air panas sendiri juga perlu diketahui kemampuan motorik anak apakah sudah dapat memegang gelas yang berisi air panas. Orang tua juga perlu memberikan pengertian mengapa ia dilatih untuk membuat susu sendiri.

Selamat mencoba.

Ratih Zulhaqqi, M.Psi

No comments: