Wednesday, May 7, 2014

Alternatif Penurunan Berat Badan Bagi Wanita Aktif

Hallo, saya Sri Depi. Berat saya di usia yang mau menginjak 22 tahun ini adalah 92 kg dengan tinggi 168 cm. Saat ini saya sedang menjalani program penurunan berat badan. Saya saat ini mengikuti RPM Class di salah satu Fitness centre. Hanya saja saya terkendala oleh pola makan. Saya baca sebaiknya menggunakan dada ayam tanpa lemak, rebus-rebusan, dll.

Tapi saya merasa sulit menemukan itu, ditambah lagi saya dari pagi-sore bekerja dan malam kuliah. Apakah ada alternatif pola makan lain untuk menunjang penurunan berat badan saya? Saat ini saya sarapan dengan susu sereal, makan siang normal, malam biasanya mengkonsumsi cemilan rendah kalori. Mohon sarannya. Terimakasih.

Sri Depi (Wanita lajang, 22 tahun)
kiorideXXXXX@yahoo.com
Tinggi badan 168 cm, berat badan 92 kg

Jawaban

Halo Sri Depi,

Memang biasanya kalau menjalani weight loss diet, saya menganjurkan low fat approach yang cara-caranya adalah mengurangi makanan gorengan, membuang kulit ayam dan lemak yang menempel pada daging, menggunakan dada ayam atau daging ikan sebagai pilihan lauk utama.

Melihat cara diet kamu sekarang saya rasa ada beberapa perubahan yang bisa diikuti:
- Menggunakan susu low fat/ non-fat sewaktu memakan susu sereal. Atau bisa diganti dengan susu soya juga.
- Makan siang 'normal', normal bagi tiap orang itu bisa berbeda. Jadi bagi sebagian orang makan nasi 1 piring penuh + telor goreng balado + gulai nangka misalnya adalah normal, terlihat tidak 'bergizi' padahal jika dilihat dari sisi asupan lemaknya cukup banyak. Jadi untuk makan siang coba dipilih nasi merah (jika tersedia) + sayur rebus/kuah tanpa santan + ayam/ikan/daging bakar atau produk tempe dan tahu.

Untuk makan malam tidak masalah cemilan rendah kalori, kalau bias konsumsi segelas susu non-fat sebelum tidur agar tidak terlalu lapar saat bangun di pagi hari.

Leona Victoria Djajadi MND

No comments: